Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Ular Laut dengan Bisa Paling Mematikan di Dunia

earth.com

Tak hanya di darat, ular dengan bisa mematikan juga dapat dijumpai di laut. Belcher (Hydrophis belcheri) bisa jadi merupakan salah satu ular laut paling mematikan.

Dari sejumlah penelitian terungkap bisa belcher  100 kali lebih mematikan ketimbang hewan berbisa di darat. Dan, bisa membunuh manusia dalam hitungan menit. Sekali terpatuk, bisa ular ini akan menyebabkan sakit perut yang luar biasa, muntah ekstrem, migrain, pusing, diare, kejang, kelumpuhan, histeria, perdarahan tidak terkendali, gagal napas, gagal ginjal, bahkan kematian.

Belcher memang sangat mematikan. Tapi harus diketahui juga, bahwa ular laut ini punya kelemahan. Ia bukan tipe ular yang agresif, bahkan jarang menggigit manusia. Apalagi rahang dan taring belcher relatif kecil sehingga sulit untuk melakukan itu. Meski begitu, ular ini tetap bisa menggigit tapi pada bagian tubuh manusia yang berukuran kecil seperti jari. Hebatnya, ular laut ini ternyata mampu mengendalikan bisanya, melepaskan bisa sebanyak seperempat dari gigitannya.

Dilansir dari Clinical Toxynology Resources – The University of Adelaide, ular laut ini berukuran sedang dan ramping, belang cokelat pasir dan cokelat tua. Kepalanya pendek, berwarna cokelat gelap, dan ekornya pipih seperti sirip, sehingga memudahkan untuk bergerak dalam air. Tak heran, jika kemampuan bergerak belcher terbilang cepat, berkisar 12 mil per jam. Tentu, sangat membantu dalam berburu mangsanya dengan mudah dan cepat.

Perlu dicatat, belcher mampu bertahan dalam air cukup lama, 7 – 8 jam. Baru setelah itu, naik ke permukaan untuk bernapas. Dan, ular laut ini umumnya hanya hidup di lautan tropis, seperti di Samudera Hindia bagian tengah dan utara dan bagian barat Samudera Pasifik. Karena itu, kerap bisa ditemui di wilayah Fiji, Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Samoa, Kepulauan Solomon, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu.

Soal pakan, belcher sebenarnya cukup beragam, antara lain ikan-ikan kecil, kerang, telur ikan, dan belut. Biasanya, ular ini berburu mangsa di wilayah yang rapat akan terumbu karang. Karena pergerakan mangsa di wilayah itu akan sangat terbatas, ketimbang pergerakan mangsa di wilayah perairan terbuka. Namun, di balik keganasan bisanya, ternyata belcher juga punya predator yang bisa mengancam keselamatannya. Antara lain, elang laut, hiu, belut raksasa, dan swordfish.

 

Article Link: http://samudranesia.id/ular-laut-dengan-bisa-paling-mematikan-di-dunia/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published