Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Terus Berulang, Satu ABK Indonesia Meninggal Lagi di Kapal Berbendera China Akibat Ditikam

Jenazah WS, ABK Indonesia yang ditikam oleh mandor China di Kapal Lurong Yuan Yu 619.

Jakarta (Samudranesia) – Belum sampai sepekan, Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) dikabarkan ada lagi yang meninggal di kapal ikan berbendera China.

ABK WNI bernama Wiwi Suryono (WS) 29 tahun dikabarkan meninggal di kapal ikan China Lurong Yuan Yu 619. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) Daerah Kepulauan Riau (Kepri) dan Sulawesi Utara (Sulut), almarhum meninggal karena ditikam oleh ABK asal China di kapal tersebut.

“Kronologisnya berawal dari adanya perselisihan dengan mandor orang China, almarhum ditikam saat tidur,” ujar Ketua DPD PPI Sulut, Anwar Abdul Dalewa kepada Samudranesia, Kamis (16/7).  

Anwar mendapat laporan dari anggota PPI Kepri Erik Efendi. Ia juga membuat kelompok pelaut dengan nama Gerakan Pelaut Sosmed (GPS) yang bertujuan untuk menginfokan terkait kabar yang menimpa ABK Indonesia di kapal ikan asing dan langsung meneruskan ke media serta pihak berwajib di negeri ini.

Info yang diterima Erik dari ABK Indonesia yang menjadi rekan almarhum, peristiwa ditikamnya WS itu terjadi saat kapal berada di perairan Australia tanggal 11 Juni 2020. Jenazah WS kemudian ditaruh di ruang pendingin di dalam kapal.

Hingga hari ini, 16 Juli 2020, jenazah baru dibawa oleh pihak berwajib ke Rumah Sakit di negara Fiji. Namun belum diketahui nama rumah sakitnya. Pelaku juga sudah diamankan oleh pihak otoritas Fiji.

Surat keterangan dari pihak perusahaan

WS merupakan ABK Indonesia asal Tegal yang berangkat melalui PT Puncak Jaya Samudra yang berdomisili di Pemalang Jawa Tengah.

“Saya berharap negara betul-betul hadir untuk melindungi warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri terkhusus pekerja migran di atas kapal perikanan maupun Kapal niaga,” beber Anwar.

“Dan pemerintah harus melakukan diplomasi dengan negara China perihal masalah yang terjadi terhadap ABK kapal ikan yang berasal dari Indonesia,” tandas. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/terus-berulang-satu-abk-indonesia-meninggal-lagi-di-kapal-berbendera-china-akibat-ditikam/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published