Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Soal Lobster, Saatnya Kita Bukan Menangkap, Tapi Menanam

Lobster

Jakarta (Samudranesia) – Ruh dari Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan (KP) Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting dan Rajungan adalah memajukan budidaya lobster bukan dalam ekspor benih.

Demikian pesan yang disampaikan oleh Ketua Umum DPP Keluarga Alumni Universitas Diponegoro (Undip) Abdul Kadir Karding dalam webinar via zoom bertajuk “Quo Vadis Sumberdaya Lobster Kita”, yang diselenggarakan oleh Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu), Selasa (14/7).

“Saatnya kita bukan menangkap, tapi menanam. Itu filosofi yang biasa kita dengar masyarakat budidaya kita. Semoga dengan adanya Permen KP 12/2020 ini dalam waktu 2-3 tahun budidaya lobster kita berkembang,” ucap Karding saat membuka acara.

Anggota Komisi I DPR Fraksi PKB itu lebih lanjut berharap agar sistem budidaya lobster secara holistic bisa dibangun oleh pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Jadi kami minta nanti Pak Dirjen Budidaya bisa menjelaskan road map-nya. Action plan, action bussines plan dan lain sebagainya,” jelasnya.

Ia pun menginginkan agar penangkapan benih lobster ke depan bisa diseimbangkan dengan budidaya.

“Jangan sampai terjadi over penangkapan, oleh karena solusi terbaik ke depan dalam waktu 2-4 tahun ialah dengan budidaya,” tandasnya.

Hadir sebagai narasumber dalam webinar tersebut antara lain Dirjen Budidaya KKP Dr Ir Slamet Soebjakto, Ketua Himpunan Pembudidaya Ikan Laut Indonesia (Hiplindo) Ir.Effendy Wong, Wakil Penasihat Perkumpulan Pengusaha Lobster Indonesia (PPNLI) Dr. Ir Agus Priyono dan Guru Besar FPIK Undip Prof Dr Ir Suradi. Bertindak sebagai moderator adalah Ketua Dewan Penasihat DPP Alumni Perikanan Undip Dr. Ir Widodo Farid Ma’ruf. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/soal-lobster-saatnya-kita-bukan-menangkap-tapi-menanam/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published