Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Soal KUR, Menteri Edhy Akui tak Bisa Mengintervensi Bank

Menteri Edhy Prabowo.

Jakarta (Samudranesia) – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengakui dalam urusan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para pelaku usaha kelautan dan perikanan, pihaknya tidak bisa mengintervensi bank.

Hal itu disampaikan saat membuka seminar daring tentang Marine and Fisheries Business and Investment Forum (MFBIF) dengan tema “KUR: Akses Cepat, Bisnis Kelautan dan Perikanan Maju Pesat”, Jumat (15/5).

“Kita akui Bank tidak bisa diintervensi karena sudah sesuai dengan ketentuan internal mereka. Maka itu KKP melakukan terobosan yang bagus untuk kita manfaatkan lewat pembinaan para pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan,” ungkap Edhy.

Ia menegaskan saat ini serapan KUR untuk sektor usaha kelautan dan perikanan baru Rp 2,5 trilun dari total pagu anggaran KUR sebesar Rp 196 triliun. Menurutnya angka itu masih sangat jauh agar bisa mewujudkan sektor kelautan dan perikanan sebagai tulang punggung ekonomi bangsa.

“Faktor utama tidak berjalannya ini adalah ketidaktahuan masyarakat. Mereka akhirnya juga masih mau menerima kredit di luar KUR apalagi yang sifatnya informal,” jelasnya.

“Kita tidak mungkin meminta bank suatu kemudahan karena bank punya sistem sendiri, tapi kita bisa memberikan penguatan kepada pelaku usaha,” bebernya.

Baca Juga:

Optimalkan KUR, Edhy Prabowo Berikan Karpet Merah untuk Pelaku Usaha

Optimalkan Peran Penyuluh Perikanan, KUR untuk Nelayan Dipercepat Penyalurannya

BRI Siap Kucurkan KUR untuk Sektor Perikanan

Mantan Ketua Komisi IV DPR itu menyatakan bahwa KUR adalah jawaban untuk mendongkrak perekonomian di bidang kelautan dan perikanan agar lebih maju dengan pesat.

“KUR menjadi alat yang bisa menjawab permasalahan itu. Peluang terbesar kita adalah OJK sudah memberi pernyataan untuk bangkit dan perkuat ekonomi. Itu kita sambut dengan memperbanyak program padat karya dengan membangun banyak tambak dan mempermudah perizinan,” papar Edhy.

Senada dengannya, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo menyatakan pihaknya siap pasang badan untuk membantu para pelaku usaha yang menemui kendala saat mengajukan KUR.

“KUR harus betul-betul bisa direalisasikan penyerapannya untuk sektor kelautan dan perikanan. Kalau ada kendala bapak ibu bisa hubungi saya di nomor HP 08161999878. WA saya dan sebutkan dari mana dan apa permasalahannya? Insya Allah pasti akan saya jawab secepatnya,” tandas Nilanto.

Acara yang dipandu oleh Presenter TVRI Imam Priyono itu menghadirkan para narasumber. Di antaranya ialah Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Bidang Perekonomian Dr. Erdiriyo; Program and Partnership Business Division Bank BRI, Djoko Purwanto; Group Head Goverment Program Divisi Bisnis Usaha Kecil Bank BNI, Chandra Bagus Sulistyo dan Senior Vice President Bank Mandiri, Nila Mayta Dwi Rihandjani. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/soal-kur-menteri-edhy-akui-tak-bisa-mengintervensi-bank/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published