Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Si Cantik, Mandarin Fish yang Pemalu

Dok. baliocean.com

Jakarta (Samudranesia) – Melihat body-nya, pasti siapa pun akan kesengsem. Meski imut-imut, tapi keren banget. Warnanya itu lho benar-benar bikin kagum. Ada hijau, biru, kuning, jingga dan deretan warna-warna cantik lainnya. Warna-warna itu menyelimuti seluruh badannya tak ubahnya seperti jubah sutera kaisar Tiongkok. Tak heran, jika ikan hias ini kemudian diberi nama ikan mandarin, atau Synchiropus splendidus.

Ikan mandarin harus diakui punya tampilan yang tak kalah cantiknya dengan banyak ikan hias lain. Makanya, banyak orang mengkategorikan ikan ini ke dalam deretan ikan tercantik di dunia. Ukuran tubuhnya terbilang mungil, hanya berkisar 6, 5 cm saja. Tapi, pergerakannya lincah dan menggemaskan.

Keunikan mandarin fish yang paling mencolok adalah bentuk tubuhnya yang agak aneh. Kepala besar mirip katak, dan posisinya sedikit agak tertekan ke bawah, sementara body-nya seperti ikan pada umumnya. Ikan ini juga punya perilaku yang unik, pemalu. Makanya, jangan heran, jika didekati ikan mandarin ini akan langsung berenang, menjauh. Dan, bersembunyi di celah-celah karang.

Ikan mandarin punya karakter yang sangat sulit untuk beradaftasi. Karenanya, ikan ini tidak bisa disatukan dengan jenis ikan lainnya dalam satu aquarium misalnya. Dia akan gampang stres. Lalu, di mana habitat ikan mandarin? Di sejumlah perairan Indonesia, perairan Filipina, Papua Nugini, serta Australia. Saat ini populasi ikan yang makanan utamanya organisma dasar berukuran kecil ini sudah menurun. Pasalnya, ikan mandarin sering diburu orang. (Guss)

 

Article Link: http://samudranesia.id/si-cantik-mandarin-fish-yang-pemalu/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published