Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Sambangi Gresik, Menteri Edhy Tinjau Perkembangan Tambak Udang Milenial

Menteri KP Edhy Prabowo bersama Direktur PT CP Prima, Rudy Wijaya Kusuma. Foto: Samudranesia

Gresik (Samudranesia) – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Edhy Prabowo melakukan kunjungan ke tambak milenial yang berlokasi di Dusun Druju, Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Rabu (8/7/2020).

Dalam kesempatan ini, Menteri Edhy yang didampingi wakil Bupati Gresik, M. Qosim serta Direktur PT CP Prima, Rudy Wijaya Kusuma selaku pemilik tambak milenial. Mereka menyempatkan diri untuk menabur benih serta memanen udang vaname di tambak berbentuk kolam bundar itu.

Menurut Rudy, 3 kolam yang berada di tambak milenial miliknya sudah berhasil 2 kali panen. Dalam sekali panen di 3 kolamnya itu, Rudy menebar kurang lebih 75 ribu ekor benih udang vaname. Dari benih tersebut Rudy berhasil panen 1,3 ton udang vaname.

Setelah sukses dua kali musim panen di 3 kolam, Rudy lantas menambah kolam lagi yang berdiameter 31 sebanyak 2, diameter 28, 7, 18 dan 20 masing-masing 1 kolam.

“Kini ada 9 tambak kolam dengan berbagai ukuran. Kalau ditotal luas lahannya mencapai 3,5 hektar dengan rata-rata produktifitasnya mencapai 21,7 ton per hektar dalam setiap kali panen,” papar Rudy.

Menabur benih

Seusai menabur benih dan menjala udang vaname di tambak milenial, Edhy mengatakan jika pengembangan tambak milenial ini cukup potensial. Menurutnya sangat cocok untuk dikelola oleh generasi milenial atau pembudidaya baru seperti pensiunan, nelayan atau siapapun yang punya keinginan bertambak.

“Tambak milenial ini punya banyak kelebihan. Selain penegerjaannya praktis, modal inventasinya juga terjangkau. Lahan yang dibutuhkan juga tidak luas serta kolamnya pun bisa bongkar pasang,” jelas Edhy.

Lebih lanjut, Edhy menjelaskan jika sektor budidaya udang vaname ini sangat menjanjikan. Sebab permintaan udang vaname di pasar Internasional berkisar antara 13 juta sampai 15 juta ton per tahun. Dan untuk Indonesia sendiri sejauh ini masih mampu menyuplai 860 ribu ton per tahun.

Atas dasar itulah dirinya mengajak masyarakat Indonesia, khususnya kaum milenial untuk tertarik pada budidaya udang vaname. Edhi juga berharap dengan model tambak milenial bisa meningkatan produksi udang nasional.

“Sektor budidaya udang vaname ini sangat menjanjikan. Saya berani taruhan, jika pasar udang vaname tetap tinggi di masa pendemi. Bahkan permintaan pasarnya cenderung mengalami peningkatan” imbuhnya.

Selain mengunjungi tambak milenial, menteri Edhi juga berkunjung ke PT KFI Tuban, Kampung Kerapu Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan, serta PT Kelola Mina Laut Gresik. (Sah)

 

Article Link: http://samudranesia.id/sambangi-gresik-menteri-edhy-tinjau-perkembangan-tambak-udang-milenial/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published