Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Sama-Sama Ekspor Lobster, Edhy: Saya Legal, Dulu Ilegal

Menteri KP Edhy Prabowo bersama Danseskoal Laksda TNI Dr Iwan Isnurwanto/Samudranesia

Jakarta (Samudranesia) – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memberikan kuliah umum kepada Perwira Mahasiswa (Pasis) Seskoal di Gedung Samadikun, Cipulir, Jakarta, Senin (27/7). Pada kesempatan itu, Edhy menjelaskan secara detail mengenai kebijakan-kebijakan yang diambilnya, terutama dalam menjalankan amanat Presiden Joko Widodo.

Dalam kuliah umum bertema “Peran Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam Mendukung Pembinaan Desa Pesisir Guna Menjaga dan Meningkatkan Potensi Maritim Indonesia” itu, Edhy menjelaskan soal Permen KP No 12/2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting dan Rajungan.

“Ada perbedaan dan persamaan antara menteri terdahulu dengan sekarang dalam pengelolaan lobster. Jadi sama-sama diekspor. Kalau saya legal, jelas aturannya dan kalau yang dulu ilegal dan enggak jelas siapa yang ngatur,” ucap Edhy.

Ia mengajak para Pasis Seskoal untuk berfikir jernih berdasarkan logika ekonomi dan konservasi. Mantan Ketua Komisi IV DPR itu mengaku dalam mengeluarkan Permen tersebut tidak sendiri.

Ia melibatkan beberapa profesor, para pakar, akademisi dan juga pelaku usaha. Edhy pun mengakui jika suatu hari nanti Permen itu dianggap salah maka bisa direvisi.

“Permen ini bukan kitab suci, kalau Permen saya nanti salah bisa direvisi. Yang terpenting nelayan tidak kehilangan pekerjaan,” ujarnya.

Kader Partai Gerindra itu menuding pihak-pihak yang tidak setuju dengan Permen ini adalah orang-orang yang terganggu pekerjaannya.

“Ngurusin negara bukan hanya konservasi. Konservasi itu penting buat anak cucu kita. Tapi konservasi saja tanpa ekonomi juga tidak ada guna. Begitu juga ekonomi saja juga tidak ada gunanya, jadi dua-duanya penting,” tegasnya.  

Paparan Edhy mendapat antusias yang luar biasa dari para Pasis Seskoal. Tiga pertanyaan yang tajam pun dilayangkan kepadanya. Edhy pun berhasil menjawab seluruh pertanyaan dengan baik.

Sebagai rasa salutnya melihat semangat Pasis Seskoal dalam bertanya, ia pun memberikan hadiah kepada Pasis Seskoal. Kunjungan Edhy ke Seskoal ini juga meninjau kolam bioflok Seskoal dan membawa ikan segar untuk dibagikan kepada Pasis Seskoal.

Turut hadir dalam acara itu, Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksda TNI Dr Iwan Isnurwanto didampingi Wadan Seskoal Laksma TNI Imam Musani beserta jajarannya. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/sama-sama-ekspor-lobster-edhy-saya-legal-dulu-ilegal/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published