Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Presiden Minta Kementerian Bersihkan Sampah di Lokasi Wisata

Ilustrasi (pixabay)

Jakarta (Samudranesia) –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa Indonesia tak boleh tertinggal dengan negara lain dalam hal pengembangan destinasi prioritas sektor pariwisata. Menurutnya, negara lain sudah mulai bergerak untuk menjadi pariwisata sebagai motor devisa.

Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi saat memberikan pengantar dalam Rapat Terbatas (Ratas) tentang Pengembangan Destinasi Pariwisata Prioritas, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/11).

Dikutip dari laman setkab.go.id, Presiden menegaskan ada 5 (lima) hal yang harus dibenahi dalam percepatan pengembangan destinasi. Pertama, pengaturan tata ruang masih perlu ditata lagi untuk kawasan pariwisata prioritas.

Kedua, akses atau konektivitas. Dalam hal ini Presiden memberikan contoh pembangunan infrastruktur di Labuan Bajo yang nanti akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR dan Kementerian perhubungan yang diharapkan nanti selesai semuanya berhubungan memperpanjang run away, pengembangan dan perbaikan terminal bandara, pembangunan jalan akses menuju ke tempat-tempat wisatanya, termasuk juga memperbaiki kawasan baik itu pelabuhan maupun tempat-tempat untuk mempermudah wisatawan datang ke tujuan.

Ketiga, yang berkaitan dengan event. Presiden mengaku banyak melihat material yang digunakan dalam event  berasal dari daerah. Hanya saja mengenai kemasannya perlu dibenahi lagi. “calendar of event yang berkaitan dengan event besar atau annual event nya, saya kira ini banyak sekali ,” ungkap Presiden.

Keempat, pemerintah dinilai perlu melakukan promosi pariwisata besar-besaran. Dan, yang tidak kalah pentingnya yang terakhir adalah penyiapan Sumber Daya Manusia yang mendukung sektor pariwisata.

Untuk itu, Presiden berharap  Mendikbud dalam hal ini SMK-SMK yang berada di lingkungan pariwisata mestinya lebih dititikberatkan ke arah dukungan sektor pariwisata ini. “Yang terakhir masalah kebersihan, ini tolong betul-betul dimulai oleh Kementerian yang terkait dengan ini urusan sampah, urusan plastik yang bertebaran di kawasan pariwisata benar-benar bisa diselesaikan,” kata Presiden Jokowi.

 

Article Link : http://samudranesia.id/presiden-minta-kementerian-bersihkan-sampah-di-lokasi-wisata/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published