Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Petugas Gabungan RI Berhasil Tangkap Kapal Ikan China Pengangkut Jenazah ABK Indonesia

Kapal Ikan China yang diamankan petugas

Batam (Samudranesia) – ABK asal Indonesia bernama Yadi, asal Lampung yang bekerja di kapal China Lu Huang Yuan Yu 117 dan kemudian dipindahkan ke kapal Lu Huang Yuan Yu 118 dikabarkan meninggal. Peristiwa itu bersamaan dengan proses transfer cumi hasil tangkapan di Singapura.

Fisher Centre SAFE Seas Bitung pada Rabu, 8/7/2020 telah menerima pengaduan atas kasus ini. Menurut pengaduan yang disampaikan, korban meninggal akibat sakit karena selama di kapal sering mendapat perlakukan tidak manusiawi dari kapten kapal. Hal itu juga dilaporkan kepada Ketua DPD Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) Sulawesi Utara, Anwar Abdul Dalewa, Selasa (7/7).

Seorang ABK asal Indonesia bernama Jeremi Rico Pitono menelepon Anwar dan melaporkan kejadian yang dialami oleh 12 rekannya di kapal China Lu Huang Yuan Yu 117 dan 118. Keberadaan kapal mereka saat itu tengah menuju Singapura untuk mengisi bahan bakar.

Jenazah Yadi diinfokan meninggal sejak 20 Juni 2020 lalu dan disimpan di tempat pendingin ikan di Kapal Lu Huang Yuan Yu 117 dan kemudian dipindah ke kapal Lu Huang Yuan Yu 118. Kapal itu pun langsung dicegat oleh petugas gabungan dari Satpolair Polres Karimun, Satreskrim Polres Karimun, dan Ditpolairud Polda Kepri, Lanal Batam, KPLP, Bakamla Kepri DJBC Kepri di sekitar perairan Singapura.

“Benar kita membantu melakukan pengejaran, Polairud dan Satreskrim Polres Karimun. Jenazah disimpan di dalam frezeer di kapal Lu Huang Yuan Yu 118. Dari keterangan rekan korban di kapal, ia meninggal karena sakit paru-paru,” kata Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan.

Kedua kapal berbendara China itu ditangkap di sekitar perairan Batu Cula, Selat Philip, Belakang Padang, Batam, Kepri. Aksi petugas gabungan itu tidak lepas dari informasi yang dilaporkan PPI Sulawesi Utara bersama Fisher Centre SAFE Seas Bitung kepada KBRI Singapura yang langsung meneruskan kepada petugas keamanan.

Alhasil aksi petugas gabungan itu langsung mendapat apresiasi yang luar biasa khususnya para ABK dan pelaut yang geram dengan tindakan perbudakan di atas kapal. Kejadian ini sudah terjadi ke sekian kalinya oleh kapal ikan China. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/petugas-gabungan-ri-berhasil-tangkap-kapal-ikan-china-pengangkut-jenazah-abk-indonesia/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published