Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Peringati HAN, Gubernur Jatim Tebar Bibit Ikan di Kawasan Wisata Setigi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menebar benih ikan di Wisata Setigi di Desa Sekapuk, Ujungpangkah Gresik

Gresik (Samudranesia) – Di sela-sela peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, berkesempatan menyebar benih ikan mas dan ikan nila di kolam wisata Setigi (Selo, Tirto, Giri) di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Rabu (29/7/2020).

Acara tebar benih tersebut menurut Khofifah sebagai salah satu bentuk dari upaya menciptakan ketahanan pangan bagi masyarakat. Karena itu masyarakat harus jeli dengan memanfaatkan lahan agar bisa lebih produktif.

Salah satu contohnya adalah kolam wisata Setigi yang sebelumnya hanya difungsikan sebagai salah satu tempat hiburan perahu wisata bagi pengunjung Setigi namun juga bisa dimanfaatkan sebagai kolam ikan.

“Dengan begitu kolam tersebut akan memiliki nilai plus. Jika tadinya hanya sebagai kolam hiburan, kini juga menjadi kolam yang memiliki fungsi lebih yakni menjadi kolam ikan. Dan dengan adanya ikan-ikan itu tentunya menambah daya tarik tersendiri bagi kolam tersebut,” kata Khofifah.

Peringatan HAN yang digelar Pemprov Jatim kali ini bertema Anak Terlindungi Indonesia Maju. Sedangkan untuk tempat peringatan puncaknya, Gubernur Khofifah sengaja memilih wisata Setigi karena dinilai memiliki sejarah unik.

“Saya sendiri yang meminta acara ini digelar disini. Setigi ini dulunya adalah area bekas tambang gunung kapur yang kemudian menjadi tempat sampah. Namun oleh Bapak Abdul Halim (Kades Sekapuk) tempat ini disulap menjadi tempat wisata yang menarik,” kata Khofifah.

Khofifah sangat mengapresiasi keberadaan wisata Setigi karena membawa dampak besar bagi perekonomian masyarakat Sekapuk.

“Mudah-mudahan ke depan masih bisa dikembangkan lagi sebab areanya masih sangat luas,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, Khofifah juga berkesempatan menyaksikan tarian Sekar Giri serta pembacaan suara anak Indonesia oleh siswa siswi se-Jatim secara daring. Setelah itu dilanjutkan acara pemberian hadiah dan piagam kepada para siswa yang berprestasi di bidangnya masing-masing.

Tak hanya siswa, Khofifah juga memberikan bantuan bagi 3 desa dari Gresik yakni Desa Sekapuk, Desa Gosari, dan Desa Giri karena dinilai mampu mengelola dan meningkatkan potensi pariwisata di desanya.

Selain Gubernur Khofifah acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik, M. Qosim dan Ketua DPRD Gresik Fandi Ahmad Yani , anggota DPR RI Prof. Zainuddin, serta Kepala Desa (Kades) Sekapuk Abdul Halim, serta beberapa pejabat dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gresik.

Sementara Wabup Gresik M. Qosim juga mengapresiasi kinerja dari perintis Setigi yang menjadi wisata tangguh di tengah musim pandemi Covid-19.

“Keberadan Setigi tentu membawa pengaruh positif bagi Desa Sekapuk pada khususnya dan Kabupaten Gresik pada umumnya. Sebab sejak dibuka setahun lalu, Setigi telah dikunjungi sekitar 30 ribu orang”, ucapnya. (Sah)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/peringati-han-gubernur-jatim-tebar-bibit-ikan-di-kawasan-wisata-setigi/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published