Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Pemerintah Jangan Cuma Impor

Papua (Samudranesia)- Pelaku usaha dan penggiat lingkungan Cartenz asal Papua, Maximus Tipagau, melihat Indonesia masih memiliki sektor usaha yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kondisi perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

“Pemerintah harus membangkitkan sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan hingga ekonomi kreatif untuk mengatasi keterpurukan ekonomi akibat Covid-19 ini,” ujarnya saat dihubungi Samudranesia, Jumat 24 April 2020. “Sektor pangan ini harus dihidupkan kembali agar kita tidak memiliki ketergantungan terhadap negara lain.”

Dari sektor kesehatan, Indonesia juga memiliki potensi besar untuk mengembangkan obat-obat herbal. “Kita memiliki warisan dari leluhur bagaimana meracik jamu-jamu tradisional untuk kesehatan, ini juga menjadi peluang besar ketimbang harus impor vitamin atau obat dari luar negeri,” katanya. “Kita bisa mengembangkannya menjadi usaha ekonomi kreatif.”

Sementara itu khusus untuk wilayah Papua, Maximus mengharapkan pemerintah sudah mulai meningkatkan fasilitas kesehatan di provinsi ini. “Termasuk dalam hal ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalani hidup sehat,” katanya. “Fasilitas rumah sakit harus diperbanyak dengan kondisi yang layak.”

Maximus mengharapkan agar pemerintah tidak terburu-buru untuk memutuskan impor produk-produk yang masih bisa didapatkan di dalam negeri. “Kembangkan saja dulu potensi yang ada, karena kita memilikinya,”pungkasnya.

 

Article Link : http://samudranesia.id/pemerintah-jangan-cuma-impor/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published