Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Pelaut Menang Gugatan, Ship Manning Agency Bayar Ganti Rugi 6.684 Dolar AS

RDP DPD PPI Sulut dengan DPRD Kota Bitung.

Jakarta (Samudranesia) – Pengadilan Hubungan Industrial pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menghukum PT. Amas Samudera Jaya untuk membayar uang ganti rugi sebesar 6.684 dolar AS kepada NM selaku Penggugat dalam perkara perselisihan pemutusan hubungan kerja yang diajukan oleh Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Pergerakan Pelaut Indonesia (DPP SP PPI) sebagai pihak Kuasa Penggugat.

Dalam persidangan dengan agenda pembacaan putusan, Rabu (22/7), Majelis Hakim dalam perkara No. 55/Pdt.Sus-PHI/2020/PN Jkt.Pst, yang diketuai oleh Muchammad Djoenaidie, S.H., M.H membacakan putusan: mengabulkan gugatan Penggugat untuk sebagian dan menolak gugatan untuk selain dan selebihnya.

Putusannya antara lain: (1) Mengabulkan gugatan Penggugat untuk sebagian; (2) Menyatakan putus hubungan kerja antara Penggugat dengan Tergugat terhitung sejak tanggal 29 Juni 2019 karena Tergugat mengakhiri hubungan kerja sebelum berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja waktu tertentu; (3) Menghukum Tergugat untuk membayar uang ganti rugi kepada Penggugat sejumlah 6.684 (enam ribu enam ratus delapan puluh empat) dolar AS dengan mengkonversi menjadi Rupiah dengan kurs tengah pada saat melaksanakan pembayaran; (4) Menolak gugatan Penggugat untuk selain dan selebihnya; dan (5) Membebankan biaya yang timbul dalam perkara ini kepada Negara sejumlah Rp. 760.000 (tujuh ratus enam puluh ribu rupiah).

Ketua Advokasi, Hukum, dan HAM PPI, Imam Syafi’i menyatakan bahwa perselisihan tersebut bermula ketika Penggugat diberhentikan secara sepihak oleh Tergugat sebelum berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja waktu tertentu oleh Tergugat.

“NM ini direkrut dan ditempatkan oleh Tergugat untuk bekerja sebagai Pelaut di atas kapal MT. B. Sun berbendera Marshall Island dengan daerah pelayaran internasional dan menjabat sebagai Mualim I dengan kontrak kerja selama 7 bulan terhitung sejak 04 April 2019 – 03 November 2019 dengan basic wage 1.671 dolar AS per bulan,” kata Syafi’i, Kamis (23/7).

Syafi’i menambahkan, NM baru menjalani masa kerja selama 3 bulan, kemudian ia diberhentikan oleh Tergugat dengan alasan akan dipindahkan ke kapal lain yakni kapal MT. B. Ocean, tetapi hal tersebut tidak direalisasikan oleh Tergugat, sehinga kemudian terhadap pemutusan hubungan kerja tersebut NM melalui PPI mengajukan tuntutan kepada Tergugat.

“NM ini kan Anggota kami (PPI), dia ngadu, ya kami bantu selesaikan aduannya dengan tahapan perundingan bipartit dan tripartit (mediasi). Ketika kedua langkah itu sudah kami lakukan dan gagal menemukan penyelesain, ya kami lanjutkan dengan mengajukan gugatan ke PN Jakpus untuk mencari keadilan dan kepastian hukum terhadap kasusnya itu,” terang Syafi’i.

Hadir kedua belah pihak baik Penggugat dan Tergugat dalam sidang pembacan putusan tersebut, pihak Penggugat diwakili kuasanya dari PPI diwakili Ketua Pelaut Dalam Negeri, Nur Rohman dan dari pihak Tergugat diwakili kuasanya.

“Kemarin kan (22/7) baru pembacaan putusan dan hasilnya tuntutan Penggugat dikabulkan, ya kita tunggu dulu sampai salinan putusan diterima oleh para pihak, apakah nanti Tergugat akan melaksanakan isi putusan atau bisa saja Tergugat melalui kuasanya melakukan upaya hukum lanjutan (kasasi),” tutup Nur Rohman. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/pelaut-menang-gugatan-ship-manning-agency-bayar-ganti-rugi-6-684-dolar-as/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published