Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Pelabuhan Teluk Segintung Dipercaya Pemda Seruyan Sebagai Lokasi Pelantikan Pejabat Struktural

Foto Dok. Seruyannews

TELUK SEGINTUNG (3/9) - Sebanyak 26 orang Pejabat Struktural yang terdiri dari pejabat Eselon II dan III Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah dilantik oleh Bupati Seruyan, Yulhaidir bertempat di Terminal Penumpang Pelabuhan Teluk Segintung, Kalimantan Tengah.

Menurut Bupati Yulhaidir pihaknya memilih Pelabuhan Teluk Sigintung sebagai tempat pelantikan para pejabatnya karena Pelabuhan Teluk Segintung merupakan aset berharga yang ada di kabupaten seruyan juga merupakan Pelabuhan Laut satu-satunya yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah yang harus di optimalkan Operasional nya agar dapat menunjang arus barang, penumpang dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Seruyan.

“Salah satu dari 26 orang pejabat yang dilantik adalah Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Seruyan. Untuk itu, saya perintahkan langsung kepada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Seruyan yg baru tersebut agar segera melakukan aksi cepat dan berkoordinasi dengan Instansi terkait terutama Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Teluk Segintung yang merupakan kepanjangan tangan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk segera mengambil langkah-langkah dalam mengoptimalkan Pelabuhan Teluk Segintung” kata Yulhaidir.

Menurutnya, sejak bulan Januari 2020 lalu guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, sebenarnya Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Seruyan bersama Kantor UPP Kelas III Teluk Segintung dan Kepala cabang Pelni Sampit sudah melakukan koordinasi agar kapal Pelni bisa masuk ke pelabuhan Teluk Segintung. Namun karena terkendala masih adanya pandemi COVID-19 rencana tersebut belum bisa terealisasi.

“Kami berharap dalam beberapa bulan kedepan kapal pelni bisa masuk ke pelabuhan Teluk Segintung. Dalam waktu dekat rencananya Tim kami termasuk Kadishub akan Berangkat ke Jakarta untuk bertemu Direktur Jenderal Perhubungan Laut guna mengusulkan agar trayek kapal Pelni bisa singgah di pelabuhan Teluk Segintung guna memenuhi tingginya antusiasme masyarakat agar ada kapal penumpang yang menyinggahi pelabuhan ini” ujar Yulhaidir.

Yulhaidir juga mengatakan saat ini yg masih menjadi kedala dalam mengoptimalkan Operasional Pelabuhan Teluk Segintung adalah jalan yg belum teraspal sekitar kurang lebih 10 KM dari pelabuhan menuju Kuala Pembuang. Untuk itu, rencana pengembangan jalan ini sudah masuk rencana kerja pemerintah Kabupaten Seruyan di tahun 2021.

“Namun demikian kita masih tetap membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk pengaspalan jalan dari Kuala Pembuang ke Bangkal yang panjangnya sekitar 140 KM agar nanti nya hasil minyak sawit yg ada di kabupaten Seruyan bisa keluar di pelabuhan ini dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, karena untuk saat ini hasil hasil minyak sawit kita keluarnya ke pelabuhan sampit dan Kumai” ujar Yulhaidir.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Teluk Segintung, Muzahir, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa pihaknya menyambuat baik rencana Bupati Kabupaten Seruyan untuk mengoptimalkan Pelabuhan Teluk Segintung demi meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Seruyan.

“Pada prinsipnya kami sebagai Unit Pelaksana teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di sini menyambut baik rencana pak Bupati dan siap membantu untuk kemajuan kabupaten Seruyan” ujar Muhazir.

Menurut Muhazir memang benar saat ini kendala yang dihadapinya adalah masalah infrastruktur jalan menuju Pelabuhan Teluk Segintung yang belum teraspal sekitar 10 KM, sedangkan sekitar 19 KM menuju Kuala Pembuang sudah mulus.

“Kasihan pegawai kami yang berangkat dari rumah menuju kantor sudah rapi-rapi tetapi begitu tiba dikantor sudah kumuh lagi, gurau Muzahir.

Pada kesempatan ini, Muzahir juga mengucapkan selamat kepada para pejabat Kabupaten Seruyan yang baru dilantik. Semoga amanah yang dipercayakannya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin demi kemajuan Kabupeten Seruyan ini. Turut hadir dalam acara Pelantikan Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan adalah Wakil Bupati Kabupaten Seruyan, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Agama, Perwira Pengghubung, Danpos AL Kuala pembuang dan tamu Undangan dari bebagai instansi juga masyarakat.

 

 

Article Link: https://www.google.com/search?q=pelabuhan+teluk+segintung&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjQ4ZvY38zrAhWs7HMBHWnKCH4Q_AUoAnoECBUQBA&biw=1366&bih=608#imgrc=Kxv9fkb7iMYZWM


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published