Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Pelabuhan Belawan Alami Pendangkalan, Komisaris Pelindo I Minta Direksi Jemput Bola

Pelabuhan Belawan/Foto: Net

Jakarta (Samudranesia) – Pelabuhan Belawan yang menjadi pusat perekonomian di Sumatera Utara, kondisinya semaki tidak membaik saat ini. Pasalnya, setelah 10 tahun pelabuhan ini sudah tidak dikeruk sehingga mengakibatkan pendangkalan.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Komisaris PT Pelindo I, Irma Suryani Chaniago kepada Samudranesia, Selasa (4/8). Menurut dia, dampak dari pendangkalan itu sangat luar biasa dari jumlah kapal yang berlabuh di Belawan.

“Saat ini Pelabuhan Belawan mengalami pendangkalan karena sudah lebih dari 10 tahun tidak dikeruk, karena itu produksi dan kedatangan kapal di Pelabuhan Belawan tidak maksimal, karena kapal kapal besar yang seharusnya bisa sandar jadi tidak bisa sandar, sementara kapal kapal feeder pun masih tergantung arus untuk bisa masuk ke Belawan,” ungkap Irma.

Anggota Komisi IX DPR periode 2014-2019 itu sudah meminta pihak Board of Directors (BOD) PT Pelindo I untuk mengambil langkah cepat sebelum kondisinya semaikin parah.

‘Kami komisaris periode 2019-2024 memerintahkan BOD untuk segera mencari solusi pengerukan sungai, jemput bola dan tidak menunggu terus kesiapan Kemenhub (Kementerian Perhubungan) untuk mengeruk, karena faktanya sudah lebih dari 10 tahun tidak ada program pengerukan,” jelasnya.

Masalah pendangkalan memang dialami hampir di setiap pelabuhan di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini Kemenhub dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beserta K/L terkait lainnya untuk terus bersinergi dalam menghadapi masalah ini.

Sambung Irma, ketika kondisi pelabuhan terus mengalami pendangkalan maka akan mengalami kerugian ekonomi dan hilangnya kepercayaan internasional. Ia pun meminta kepada pemerintah untuk memperbanyak armada kapal keruk mengingat negara kita ialah negara kepulauan dan banyak pelabuhan strategis di dalamnya.

“Kita ini kan negara kepulauan, harusnya kita tidak boleh kekurangan kapal keruk! Pengelola pelabuhan juga jangan berpangku tangan untuk bisa jemput bola, kalau cuma menunggu ya pasti enggak jalan,” tegasnya.

“Saya bilang pada BOD untuk koordinasikan pada Kemenhub, jika tidak mampu keruk ya jangan pungut hak labuh dan lain-lain,” pungkas Irma. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/pelabuhan-belawan-alami-pendangkalan-komisaris-pelindo-i-minta-direksi-jemput-bola/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published