Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Nelayan Lobster Sumbawa Barat Berterima Kasih kepada Edhy Prabowo

Ketua ANLI Rusdianto Samawa berdialog dengan nelayan lobster Sumbawa Barat.

Sumbawa Barat (Samudranesia) – Ketua Umum Asosiasi Nelayan Lobster Indonesia (ANLI) Rusdianto Samawa didampingi oleh Bendahara Umum ANLI Yuyun Komalasari melakukan perjalanan ke Desa Poto Tano, Sumbawa Barat, NTB beberapa waktu lalu.

Perjalanan itu untuk menemui para nelayan, pelaku usaha galangan kapal, nelayan lobster, nelayan tangkap ikan dan kepiting bakau.

“Kami berangkat, dari Galangan Kapal Desa Kokarlian menuju Kantor Desa Poto Tano, di sana sudah berkumpul ratusan nelayan penangkap benih bening lobster. Berkumpulnya nelayan sangat banyak, mereka antusias untuk mendengar pengantar dialog dari saya sendiri,” ucap Rusdianto.

Ia mengungkapkan bahwa nelayan lobster di sana sangat berterima kasih dengan keluarnya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 tahun 2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting dan Rajungan.

“Peraturan itu telah membuat mereka keluar dari perasaan was-was, rasa khawatir dan nelayan kembali percaya diri untuk menangkap benih lobster,” kata Rusdianto menambahkan.

Dialog dengan nelayan lobster di Kantor Desa Poto Tano itu sangat mengharukan. Pertanyaan atas penjelasan seputar lobster membuat mereka terasa mewakili. Karena banyak nelayan Poto Tano beberapa tahun lalu ditangkap aparat akibat larangan menangkap benih lobster.

“Terbitnya Permen 12 tahun 2020, membuat mereka merdeka. Jelas, rasa syukurnya ditujukan kepada Edhy Prabowo Menteri KKP yang sangat visioner itu. Nelayan Lobster Poto Tano menganggap Edhy Prabowo pahlawan yang sangat berjasa,” jelasnya.

Pasalnya, pada 5 tahun lalu kehidupan nelayan sangat pahit hidupnya. Tak ada celah dialog atas kebijakan.

“KKP (dulu) mengambil kebijakan dengan seluruh alat tangkap dilarang, tanpa ada pertimbangan kemanusiaan. Semua nelayan dianggap merusak lingkungan, sehingga berdampak pada penangkapan nelayan secara tidak manusiawi,” beber Rusdianto.

Dengan kepemimpinan Edhy Prabowo, sambung dia, wajar njika elayan merasa diurus dan diperhatikan. Kebijakannya banyak yang sangat menguntungkan nelayan.

“Maka wajar anggap Edhy Prabowo pahlawan atas keberpihakannya kepada nelayan. Selama saya berjalan di pesisir barat pulau Sumbawa, baru kali ini, terharu melihat antusiasme masyarakat nelayan yang berkumpul dengan jumlah ratusan orang,” ungkapnya.

“Tentu ini, adalah angin segar bagi ANLI yang mendapat penerimaan di hati para nelayan lobster. Sehingga simpul perjuangan, bisnis, penangkapan dan distribusi hasil kelautan perikanan Desa Poto Tano lebih menjanjikan,” pungkasnya. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/nelayan-lobster-sumbawa-barat-berterima-kasih-kepada-edhy-prabowo/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published