Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Mundur atau Dipecat? Ini Pengakuan Pejabat KKP

Jakarta (Samudranesia)- Beredarnya informasi mengenai mundurnya Zulficar Mochtar, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap di Kementerian Kelautan dan Perikanan menimbulkan isu adanya ketidakharmonisan di dalam tubuh Kementerian yang dipimpin oleh Edhy Prabowo tersebut.

Banyak pihak menduga Zulficar dipecat karena polemik kebijakan ekspor benih lobster yang dijalankan KKP. Maklum, program ini sendiri berada di bawah kewenangan direktoratnya.

Jadi, sebenarnya Zulficar mengundurkan diri atau dipecat?

Melalui pesan singkat yang diterima Samudranesia, Zulficar mengklarifikasi isu-isu tersebut. Berikut isinya

“Rencananya, hari ini Jumat terakhir saya berkantor di KKP. Saya sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Dirjen Perikanan Tangkap di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tanggal 14 Juli 2020. Menjelaskan poin prinsip alasan saya. Hanya berdua dengan Pak Menteri KP. Beliau memahami apa yg saya sampaikan.

Ada polemik di publik ttg apakah mundur dan dimundurkan. Sudahlah. Tidak penting. Saya tidak akan mempertanyakan atau minta klarifikasi ke KKP. KKP rumah saya selama beberapa tahun ini. Rumah sahabat2 saya. Saya cukup paham siapa bertugas apa dan suasana kebatinan di sana.

Ini hal biasa saja saja. Tidak perlu heboh atau drama. Membangun kelautan dan perikanan, mewujudkan visi Negara Maritim, mengibarkan semangat Poros Maritim tidak selamanya harus dari dalam pemerintahan. Banyak peran dan cara yang bisa dilakukan.

Saya tentu bangga dan merasa tersanjung bisa menjadi bagian dari KKP yang hebat. Menjadi keluarga besar KKP. Pegawai2 di KKP luar biasa. Dedikasinya, loyalitasnya, militansinya, kemampuan teknisnya, komitmennya. Waktu dan tupoksinya telah menempanya menjadi kuat. Bukan tiba2. Tugasnya tidak ringan. Tanggung jawabnya berat.

Segala hormat dan bangga untuk seluruh sahabat2 di KKP. Tetap semangat dan berjuang. Melangkah dengan gagah.

Saya mohon maaf memilih langkah yang tidak populer. Mundur. Bukan untuk gagah-gagahan. Sederhana saja: prinsip jangan ditawar, jabatan bukan segalanya.

Dalam interaksi saya selama 8 bulanan, secara personal saya menilai Pak Menteri KP adalah figur yg baik, semangat, ulet dan sportif. Semoga beliau selalu diberi sehat, sukses, dan barokah dalam menjalankan amanah besar.

Banyak yang tanya, saya selanjutnya mau kemana? Mau main Futsal, sepedaan (biar kekinian), menyelam, main gaplek, ngopi dan diskusi, sambil merawat semangat kemaritiman.

Saya mohon maaf kepada seluruh sahabat di KKP, khususnya di keluarga besar DJPT, BRSDM, dan juga stakeholders KKP termasuk nelayan, pelaku usaha, NGO, kampus, media, dan juga sahabat di FB dan ratusan group WA – – kalau dalam menjalankan tugas di KKP selama ini masih banyak keterbatasan dan kekurangan saya disana-sini.

Tetap semangat! Kawal ketat RI Negara Maritim!

🙏🙏🙏

M Zulficar Mochtar

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/mundur-atau-dipecat-ini-pengakuan-pejabat-kkp/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published