Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Mahfud Ikutan Soroti Holding BUMN Pertahanan

Menko Polhukam Mahfud MD.

Jakarta (Samudranesia) – Wacana Holding Perusahaan Negara juga bakal merambah ke BUMN Pertahanan. Menko Polhukam Mahfud MD menjelaskan soal itu ketika dirinya usai bertemu Menhan Prabowo Subianto.

“Nah, di industri pertahanan kita juga melakukan itu (holding). Ada klasternya, dan insya Allah seperti BUMN lain bagaimana peran daripada industri pertahanan ini membangun ekosistem yang sehat, tidak hanya tadi perusahaan BUMN lain dan juga perusahaan-perusahaan swasta,” ucap Mahfud di kantornya, Jakarta, Kamis (23/1).

Hal itu mengingat saat memproduksi alutsista dalam negeri, BUMN pertahanan juga memerlukan dukungan modal yang kuat.

“Misalnya tidak mungkin PT PAL dalam membuat kapal dari nol sampai jadi 100 persen buatan PAL. Pasti PT PAL sendiri belerjasama dengan pihak-pihak lain,” ungkapnya.

Hal itu sambung Mahfud juga mendorong Tingkat Kemampuan Dalam Negeri (TKDN) di industri pertahanan.

“Dan mungkin jumlah komponennya juga kalau diitung berapa persennya ya sedemikian rupa ke depan harus juga meningkatkan tadi, industri dalam negerinya,” imbuhnya.

Mahfud meyakini bahwa usulannya ini juga akan disetujui oleh Menhan Prabowo.

“Saya rasa Pak Prabowo visinya sama, di mana hasil diskusi dengan Bapak Presiden dan beliau sebagai Menhan tentu mendukung.

“Memang kepastian daripada sinergi untuk order ke depan 10-15 tahun ke depan harus diprioritaskan supaya ada blue printnya supaya kita bisa menekan komponen-komponen impor. Kalau ada kepastian order pasti juga industri dalam negerinya akan berkembang,” pungkasnya. (Tyo)

 

Article Link : http://samudranesia.id/mahfud-ikutan-soroti-holding-bumn-pertahanan/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published