Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Lewat Webinar, IMC akan Kupas Strategi Kapal Angkutan Curah Hadapi Pendemi Covid-19

Ilustrasi Foto/Istimewa

Jakarta (Samudranesia) – Kapal Pengangkut Barang Curah (kering) atau sering disebut Dry-bulk Carrier Vessel merupakan kapal barang yang berfungsi untuk mengangkut barang-barang seperti batu bara, semen, pasir, bijih logam (bijih besi,nikel,bauksit dll), dan sebagainya di dalam sel-sel/rongga-rongga kargo yang terpisah.

Dikatakan curah karena cara meletakkan muatan dengan cara mencurahkan/menuangkan butiran-butiran, bijih logam, batubara, pasir, biji-bijian dan lainnya tersebut ke dalam kapal.

MYSHIPGO melalui forum diskusinya, Indonesia Maritime Club (“IMC”), kembali menyelenggarakan diskusi via ZOOM yang bertajuk “Peluang Kapal Angkutan Curah Menghadapi Pendemi Covid 19” pada Hari Rabu 29 Juli 2020 pukul 10.00 WIB.

Dalam diskusi tersebut akan dikupas bagaimana pandemi covid 19 mempengaruhi bisnis kapal curah? Dan apa saja strategi dan upaya pelaku bisnis angkutan curah menghadapi badai pandemi covid 19 saat ini dan ke depannya?

Narasumber yang hadir dalam diskusi itu antara lain Wakil Ketua Umum V DPP INSA (Indonesian National Shipowners’  Association) Sulistyo Buddy Rakhmadi dan Ketua Bidang Angkutan Curah DPP INSA, Sri Hendary.

“Sektor maritim, kelautan dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan yang 2/3 wilayahnya terdiri dari laut. Myshipgo menggagas forum diskusi ini untuk dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan, pencerahan, serta edukasi di sektor maritim,kelautan,logistik dan juga teknologi informasi/digitalisasi.

Selain itu, myshipgo berharap dapat “merangkul” para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk bangkit dari situasi pandemi covid 19 ini demi memajukan Indonesia,” ujar CEO dan Cofounder Myshipgo, Harlin E. Rahardjo

“Pak Buddy yang selain menjabat Wakil Ketua Umum INSA, beliau juga adalah Direktur PT Gurita Lintas Samudera, salah satu perusahaan angkutan curah kering (dry bulk carrier) besar di  Indonesia,” tambahnya.

Sedangkan Sri Hendary, lanjut dia, adalah petinggi PT Andhika Lines, juga merupakan pemain utama dalam bulk carrier vessel di Indonesia. Dengan latar belakang, pengetahuan dan pengalaman kedua narasumber, diharapkan forum diskusi IMC 13 akan menarik, berbobot dan bermanfaat.

“Selain narasumber, ada juga beberapa pelaku-pelaku kapal curah ini dan juga para cargo owner (pemilik muatan) akan hadir untuk berbagi ilmu dan pengalaman untuk memperkaya diskusi,“ tambah Moderator IMC dan Co-founder Myshipgo, Dony Ari Nugroho.

Forum Diskusi Virtual Indonesia Maritime Club sudah memasuki edisi ke 13 dan akan hadir setiap minggunya di hari Rabu jam 10 dengan topik-topik yang menarik dan narasumber-narasumber yang kredibel. Pendaftaran melalui link di bit.ly/myshipgo_imc13 atau WA di +62 819 056 049 99. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/lewat-webinar-imc-akan-kupas-strategi-kapal-angkutan-curah-hadapi-pendemi-covid-19/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published