Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Lewat Pengelolaan Potensi Laut, Menteri Edhy Ajak Pasis Seskoal Bangun Ekonomi

Foto Bersama: Menteri Edhy Prabowo dengan jajaran Pimpinan Seskoal.

Jakarta (Samudranesia) – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memberikan kuliah umum kepada Perwira Mahasiswa (Pasis) Seskoal di Gedung Samadikun, Cipulir, Jakarta, Senin (27/7). Pada kesempatan itu, Menteri Edhy mengajak para Pasis Seskoal untuk turut membangun ekonomi.

Komandan Seskoal (Danseskoal) Laksda TNI Dr Iwan Isnurwanto didampingi Wadan Seskoal Laksma TNI Imam Musani menyambut kedatangan rombongan menteri.

Seusai foto bersama di Plaza Dharmawiratama, Menteri Edhy beserta rombongan melaksanakan peninjauan kolam bioflok hasil budidaya personel Seskoal dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di era pandemi Covid-19.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian kuliah umum Menteri Edhy dengan tema “Peran Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam Mendukung Pembinaan Desa Pesisir Guna Menjaga dan Meningkatkan Potensi Maritim Indonesia”.

Dalam kesempatan itu, mantan Ketua Komisi IV DPR itu menyampaikan bahwa bioflok budidaya ikan dari Seskoal sangat baik dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“Bioflok Seskoal sangat bagus, sangat berasa dan terawat dan ini bisa jadi sampel. Yang penting selesai dari sini, mereka (Pasis Seskoal) bisa mengembangkan di tempat tugasnya, tidak hanya untuk ikan tawar tapi ikan laut juga bisa,” ujar Edhy.

Ia pun melihat antusiasme yang tinggi dari Pasis Seskoal. Meskipun mereka tidak boleh keluar, tapi tetap semangat dalam setiap mengikuti kuliah umum dan perkuliahan.

“Saya menemukan semangat di sini, saya fikir ini modal untuk pengabdian. Pengabdian bukan hanya pertahanan, tapi juga ekonomi,” jelasnya.

“Kalau selama ini kan TNI AL menjaganya demi pertahanan, kewajiban berdasarkan doktrin, konstitusi, dan sumpah prajurit. Tapi kali ini saya mau mengajak ke ekonominya, jadi pertahanan dengan membangun ekonomi,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Danseskoal Laksda TNI Dr Iwan Isnurwanto menyatakan sangat antusias dengan ajakan dari Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut.

“Kita berkelanjutan dengan KKP melakukan kerja sama. KKP juga berkelanjutan untuk memberi pencerahan. Sejak 2017 jauh sebelum ada Covid-19 ini, KKP juga sudah membantu pembangunan bioflok ini,” tandas Danseskoal. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/lewat-pengelolaan-potensi-laut-menteri-edhy-ajak-pasis-seskoal-bangun-ekonomi/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published