Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Lewat Koordinasi yang Intensif, Kemenhub Monitoring Aktivitas Pelayaran di Manokwari

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Keamanan Kemaritiman, Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana

Manokwari (Samudranesia) – Pelaksanaan dan penyelenggaraan angkutan laut perintis dan angkutan logistik Tol Laut di Manokwari, Papua Barat, mendapat sorotan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Hal itu dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Keamanan Kemaritiman, Mayjen TNI Mar (Purn) Buyung Lalana saat monitoring dan evaluasi (Monev) di Pelabuhan Manokwari, Sabtu (19/7).

Buyung menilai pemberangkatan penumpang banyak yang masih terkendala prosedur akibat kurangnya koordinasi.

Misalnya dalam pemberangkatan masyarakat Papua yang kembali bekerja di Kota Jayapura sebagai Satuan Pengamanan (Satpam) dan swasta serta pemuda-pemudi Papua yang akan mengikuti tahapan seleksi penerimaan Test Akademik Calon Taruna pada Politeknik Keselamatan Penerbangan Jayapura, BPSDM Perhubungan. Semuanya terhambat akibat kurangnya koordinasi.

“Mereka tertunda akibat kendala tahapan prosedur dan kurangnya koordinasi dari Pemerintah Daerah Pelabuhan Asal (Manokwari) dan Pemerintah Daerah Pelabuhan Tujuan (Jayapura),” ucap Buyung.

Setelah berkoordinasi bersama KSOP Kls IV Manokwari, Tim Gugus Tugas,  Pemerintah Daerah Manokwari dan Jayapura serta Operator Pelabuhan PT Pelindo IV dan Operator Kapal PT. Pelni, akhirnya dapat diberangkatkan menggunakan KM. Ciremai.

“Saya berharap agar selalu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat serta senantiasa berkoordinasi dengan baik agar tidak terjadi lagi permasalahan-permasalahan yang sama dan persepsi yang berbeda di masyarakat,” pungkasnya. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/lewat-koordinasi-yang-intensif-kemenhub-monitoring-aktivitas-pelayaran-di-manokwari/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published