Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Lewat Digitalisasi, Pelindo II Berupaya Turunkan Biaya Logistik untuk Perbaiki Ekonomi

Dirut Pelindo II Arif Suhartono/Foto Net

Jakarta (Samudranesia) – Kondisi ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19 ini kian tidak menentu. Maka dari itu, untuk memulihkan kembali perekonomian nasional, peran pelabuhan sangat penting dalam menjadi pusat kekuatan logistik nasional.

Terkait hal itu, PB HMI bersama Pelindo II (IPC) menggelar webinar bertajuk “Peran Pelabuhan sebagai Penggerak Ekonomi Nasional”, Rabu (15/7).

Hadir sebagai narasumber yakni Dirut IPC Arif Suhartono dan Direktur National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi. Bertindak sebagai moderator ialah Romadhon Jasn dari PB HMI.

Dalam paparannya, Arif menyampaikan bahwa masalah Covid-19 ini berdampak kepada perekonomian di hampir seluruh negara. Dari masalah ekonomi itu kemudian turun kepada masalah pelabuhan.

Menurut Arif, sebanyak 87 persen pelayaran dunia berada di Asia Pasifik, namun Indonesia belum banyak mendapat hasil positif dari alur perdagangan tersebut.

“Ya kami perlu memperbaiki service dan aspek yang perlu di-improve mengurangi logistic cost yang tinggi adalah dengan me-reduce port stay kapal, sehingga kapal bisa membawa kargo lebih banyak di jalan,” ungkap Arif.

Aspek hard infrastructure dan soft infrastructure yang dibangun oleh setiap pelabuhan, sambung Arif, tujuannya ialah untuk memperpendek port stay kapal. Oleh karena itu, dengan adanya digitalisasi, ia optimis sistem di pelabuhan Pelindo II semakin baik.

“Sistem kami harus diperbaiki. Jadi bukan kebetulan karena Covid-19, tapi memang digitalisasi merupakan suatu keharusan. Baru kemudian ketemu dengan digital bussines yang setara, service-nya juga setara dan tentunya ini harus in line antara Pelindo dengan Perhubungan Laut,” jelasnya.

Pasalnya, ketika bicara mengenai alur logistik barang, tentu bukan hanya pelabuhan yang menjadi entitasnya, melainkan ada banyak entitas dan perlu sinergitas satu sama lain.

Supply chain dari ujung ke ujung bisa terkendali dengan baik, jadi intinya pengendalian dan tujuannya adalah efisiensi untuk menjadi lebih baik. Sistem itu (digital) sudah kami implementasikan dengan trial-nya di Pelabuhan Panjang, Lampung,” pungkasnya. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/lewat-digitalisasi-pelindo-ii-berupaya-turunkan-biaya-logistik-untuk-perbaiki-ekonomi/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published