Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Komisi IV DPR Minta Pemerintah Fokus Dulu Amankan Kebutuhan Ikan Dalam Negeri, Baru Ekspor!

Kebutuhan ikan dalam negeri harus aman terlebih dahulu. Foto: Istimewa

Jakarta (Samudranesia) – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan ekspor prosuk perikanan tetap berjalan meskipun pandemic Covid-19 terjadi di hampir seluruh negara.

Hal ini tak terlepas dari kebutuhan akan protein ikan yang tetap diburu oleh konsumen, dimanapun. Oleh karena itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengajak para pelaku usaha perikanan untuk mengisi peluang ekspor tersebut di tengah pandemi.

“Kebutuhan dunia tetap berjalan, terutama untuk pasar retail. Yang berkurang adalah tujuan food service untuk hotel dan restoran. Jadi ini peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor dengan adanya kebijakan lockdown di berbagai negara,” kata Menteri Edhy di Jakarta, Jumat (17/4).

KKP berupaya untuk memberikan kemudahan logistik. Kelancaran logistik ini sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan bahan baku Unit Pengolahan Ikan (UPI) dengan tujuan ekspor.

Bahkan, KKP telah mengirim surat permohonan kepada gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 agar memberikan jaminan akses keluar dan masuk distribusi input produksi perikanan dan logistik ikan ke berbagai wilayah.

“Beberapa kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mendorong ekspor  terus diluncurkan, diantaranya menggenjot produksi perikanan tangkap dan budidaya melalui pemberian bantuan benih, bibit, induk, pakan, revitalisasi tambak, sarana rantai dingin dan bakti nelayan kepada pelaku usaha perikanan terdampak Covid 19,” ungkap Edhy Prabowo.

Langkah KKP tersebut mendapat apresiasi yang besar dari Komisi IV DPR RI yang menangani di antaranya bidang kelautan dan perikanan. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan menyatakan memang sudah seharusnya KKP menyiapkan pesawat kargo khusus untuk mengirim produksi hasil perikanan ke negara tujuan.

“Pemerintah harus siapkan secara khusus pesawat kargo dari pusat-pusat produksi perikanan yang bisa langsung ke negara tujuan,” kata Daniel kepada Samudranesia, Sabtu (18/4).

Politisi PKB itu juga meminta kepada pemerintah untuk merevisi kebijakan-kebijakan menteri sebelumnya yang menghambat mata pencaharian nelayan dan pembudidaya ikan selama ini.

Selain Daniel berharap sebelum pemerintah berorientasi pada peningkatan ekspor produk perikanan, terlebih dahulu memikirkan kebutuhan dalam negeri. Hal itu mengingat di tengah pandemi Covid-19 saat ini, ketahanan pangan nasional tengah menjadi sorotan.

“Pemerintah harus full prioritas dan amankan pangan dalam negeri dulu dan wajib stabilkan harga ikan di tengah pandemi ini selain itu nilai tukar nelayan juga bertambah. Memang sulit, tapi selama ada kemauan politik saya yakin bisa dilakukan,” terang Daniel. (Tyo)

 

Article Link : http://samudranesia.id/komisi-iv-dpr-minta-pemerintah-fokus-dulu-amankan-kebutuhan-ikan-dalam-negeri-baru-ekspor/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published