Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

KNTI Desak Pemerintah Hentikan Penambangan Pasir yang Merampas Hak Nelayan Kecil

Penambangan pasir di Pulau Sakkarang, Sulsel/Dok Foto KNTI

Jakarta (Samudranesia) – Penambangan pasir yang merusak ekosistem laut terus terjadi di beberapa daerah di negeri ini. Kehidupan sosial ekonomi nelayan kecil juga terancam akibat adanya aktivitas tersebut.

Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) baru-baru ini menyoroti aktivitas penambangan pasir di Pulau Sakkarang, Sulawesi Selatan. Melalui akun resmi facebook-nya, Jumat (17/7), DPP KNTI mendesak pemerintah untuk menghentikan aktivitas itu.

Berikut tiga poin sikap KNTI yang tertulus dalam akun facebook tersebut:

Pertama, KNTI mendesak pemerintah dan pemerintah Daerah untuk menghentikan aktivitas penambangan pasir laut di wilayah Sulawesi Selatan dan memulihkan hak para nelayan kecil dan tradisional untuk mencari ikan khususnya di area kepulauan Sakkarang dan Galesong Raya. KNTI juga meminta agar pemerintah menghormati dan melindungi hak-hak nelayan kecil sebagaimana telah dijamin dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam.

Kedua, DPP KNTI juga menyerukan kepada seluruh DPD KNTI di Indonesia bersolidaritas untuk menekan pemerintah dan pemerintah daerah untuk segera menghentikan kegiatan penambangan pasir laut ini.

Ketiga, kami mendukung dan bersolidaritas atas aksi-aksi protes dan penolakan yang dilakukan para nelayan dan perempuan nelayan serta gerakan sosial lainnya di Sulawesi Selatan untuk mempertahankan ruang hidup dan wilayah tangkap nelayan kecil dari praktek perampasan ruang laut akibat aktivitas pertambangan dan proyek-proyek reklamasi yang merugikan nelayan kecil. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/knti-desak-pemerintah-hentikan-penambangan-pasir-yang-merampas-hak-nelayan-kecil/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published