Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

KKP Usulkan Lahan Idle untuk Dimanfaatkan Warga

Kawasan tambak milik Politeknik KP Sidoarjo (Dok. Humas BRSDM)

Pasuruan (Samudranesia)-Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Jawa Timur, memanen udang vaname sebanyak 5 ton, Jumat 9 Oktober 2020. Kegiatan panen yang dilakukan di Kawasan tambak milik Politeknik KP Sidoarjo di Desa Pulokerto, Pasuruan ini  menjadi bentuk nyata hasil kegiatan praktek produksi taruna dengan konsep pembelajaran melalui Pendekatan Teaching Factory (TEFA).

Kegiatan panen ini menghasilkan 5 ton udang dengan ukuran 47 ekor/kg. Target produksi sampai Akhir Pemeliharaan sebanyak 15 ton dengan Size 20 ekor/kg dari Tambak Udang Plastik (BATIK) ukuran 5.000 m2 dan sebanyak 800 kg dari Modul Budidaya dalam Irigasi Plastik (GATIK) ukuran 100 m2.

“Kegiatan ini juga menjadi percontohan sekaligus pemicu semangat bagi masyarakat serta para pelaku usaha perikanan untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan potensi lahan yang ada untuk kegiatan budidaya udang yang produktif berbasis ramah lingkungan serta wujud peran aktif dalam upaya mendukung kebijakan KKP untuk peningkatan produksi budidaya udang,” jelas Direktur Politeknik KP Sidoarjo Muhammad Hery Riyadi Alauddin.

Mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong sebagai kegiatan produksi budidaya merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM). Ini merupakan upaya untuk membangkitkan semangat wirausaha.

“Saya usul dalam waktu dekat kita bikin rencana aksi, jika ada tanah-tanah yang belum termanfaatkan mohon disampaikan ke Pak Kadis (Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan) dan ke kami, untuk dikelola masyarakat. Untuk siklus pertama bisa di tempat kami, supaya belajar dulu. Siklus kedua di lahan-lahan idle tadi. Dananya sudah ada dari LPUMKP (Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan),” jelas Kepala BRSDM Sjarief Widjaja.

Menurutnya, dana tersebut berupa pinjaman dengan bunga sebesar 3 persen. Karena berupa pinjaman, para pelaku usaha ia harapkan terpacu semangatnya untuk berhasil, agar bisa membayar pinjaman tersebut tepat waktu.

Sjarief optimis jika sektor kelautan dan perikanan memiliki potensi dan peluang yang sangat besar. Menurutnya data penduduk Indonesia sekitar 260 juta orang, dengan tingkat konsumsi ikan 51 kg per orang per tahun, sehingga diperlukan 13 juta ton ikan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri per tahunnya.

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/kkp-usulkan-lahan-idle-untuk-dimanfaatkan-warga/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published