Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

KKP Pastikan Pemanfaatan Bantuan Konservasi di Anambas

 

Anambas - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui LKKPN Pekanbaru Wilker TWP Kepulauan Anambas melakukan pengecekan Bantuan Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) berupa kapal pompong yang diberikan kepada Pokmaswas Desa Kiabu, Selasa (27/10). Bantuan ini diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut melalui LKKPN Pekanbaru Wilker TWP Kepulauan Anambas.

Seperti yang telah diketahui, dalam menjaga kelestarian kawasan konservasi tidak hanya dapat dilakukan oleh pelaksana Wilker TWP Kepulauan Anambas, tetapi juga diperlukan partisipasi dan dukungan dari masyarakat di sekitar kawasan. Apalagi melihat kawasan TWP Kepulauan Anambas yang begitu luas, yang mencakup 70% dari seluruh perairan di Kabupaten Kepulauan Anambas, untuk menjaganya diperlukan peran serta dan bantuan dari masyarakat di sekitar kawasan.

Tujuan dari pemberian bantuan berupa kapal ini adalah untuk memudahkan mobilisasi Pokmaswas Desa Kiabu dalam menjaga lokasi Perairan sekitar Desa Kiabu khususnya di Zona Inti Teluk Raya dan Karang Terumbu dari kegiatan destructive fishing, pengambilan terumbu karang, dan kegiatan merusak lainnya.

Desa Kiabu merupakan salah satu desa terluar di Kabupaten Kepulauan Anambas, sehingga peran serta masyarakat sangat diperlukan. Harapannya dengan adanya bantuan ini, masyarakat Desa Kiabu khususnya yang tergabung dalam Pokmakwas Desa Kiabu semakin giat dan berkomitmen dalam membantu menjaga kelestarian Kawasan Konservasi TWP Kepulauan Anambas dan Laut Sekitarnya.

 

 

Article Link: https://kkp.go.id/djprl/artikel/24440-kkp-pastikan-pemanfaatan-bantuan-konservasi-di-anambas


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published