Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

KKP Imbau Nelayan Waspada Penyebaran Virus Corona di Tempat Pelelangan Ikan

Ilustrasi (Dok. Okezone)

CIREBON - Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengimbau agar nelayan ataupun masyarakat yang beraktifitas di tempat pelelangan ikan (TPI) dan pasar ikan mewaspadai penyebaran virus corona (Covid-19). Kedua tempat itu sangat rawan terjadi penyebaran Covid-19, karena banyak orang berkumpul di sana.

Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri meminta, agar nelayan ataupun masyarakat yang beraktifitas di tempat tersebut, melakukan pencegahan-pencegahan dini supaya tidak tertular virus korona. Selain itu, upaya meminimalisir risiko tertular virus corona juga penting untuk diterapkan. Salah satunya dengan menjaga pola hidup sehat.

"Nanti saya sampaikan supaya lebih waspada (terhadap Covid-19), untuk di tempat pelelangan ikan, pasar ikan, pabrik pengolahan ikan, dan tambak," kata Rokhmin kepada Okezone, Senin (16/3/2020).

Rokhmin menganjurkan masyarakat untuk lebih sering mengkonsumsi ikan. Sebab, salah satu cara agar kondisi tubuh tetap sehat adalah dengan rutin mengkonsumsi ikan. Menurutnya, kandungan protein pada ikan mampu meningkatkan stamina tubuh. Sehingga meminimalisir seseorang tertular Covid-19.

"KKP menganjurkan masyarakat mengkonsumsi ikan. Karena kandungan protein pada ikan bisa meningkatkan stamina tubuh," ujar Rokhmin.

Di tempat yang sama, Direktur Pemasaran KKP Mahmud menyampaikan, hampir semua jenis ikan memiliki kandungan gizi yang hampir sama. Mahmud juga menyarankan, untuk meminimalisir tertular virus korona maka masyarakat harus rutin mengkonsumsi ikan.

"Protein pada ikan kandungannya di atas 20 persen. Ini bukan mencegah (penularan virus korona). Tapi akan mampu meminimalisir, karena meningkatkan stamina tubuh," ungkap Mahmud.

Baca Juga : Sempat Bersentuhan Langsung dengan Menhub, Bupati Luwu Tegaskan Dirinya Sehat

Diakui Mahmud, di tahun ini KKP memiliki target, masyarakat yang mengkonsumsi ikan di Indonesia harus mencapai 56 kilogram. Dirinya terus berupaya untuk mendorong masyarakat agar lebih sering mengkonsumsi ikan.

"Kandungan protein ikan itu tinggi. Sehingga bagus untuk dikonsumsi. Kami anjurkan masyarakat rutin mengkonsumsi ikan," imbuh Mahmud.(aky)

 

Article Link : https://nasional.okezone.com/read/2020/03/16/337/2184336/kkp-imbau-nelayan-waspada-penyebaran-virus-corona-di-tempat-pelelangan-ikan?utm_medium=sosmed&utm_source=whatsapp


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published