Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

KKP Dukung Transformasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Ke Dalam Pengakuan Hukum

Foto Ilustrasi

Wakatobi (Samudranesia) – Sebagai media sharing dan diskusi pemangku kepentingan dalam upaya mengakui dan melindungi Masyarakat Hukum Adat (MHA), Kementerian dan Kelautan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (Dit P4K) hadir sebagai pemateri pada kegiatan Webinar Forum cerdas wakatobi : Kekuatan MHA dalam mewujudkan perikanan berkelanjutan, pada Kamis (18/6).

Dalam kesempatannya Dit. P4K menyampaikan peluang dan tantangan MHA (Masyarakat Hukum Adat) pesisir dalam pengelolaan berkelanjutan ditinjau dari isu strategis yang ada antara lain dalam hal pengakuan dan perlindungan MHA, kewenangan wilayah kelola MHA di laut, optimalisasi pengelolaan potensi SDKP oleh dan untuk MHA, dan peningkatan kesejateraan MHA. MHA melalui kearifan lokal menginisiasi pengelolaan SDKP sebagai pihak yang paling berkepentingan dalam wilayah kelolanya.

Hal yang menjadi hasil diskusi dalam kegiatan adalah transformasi nilai-nilai kearifan lokal ke dalam pengakuan hukum yang perlu terus didorong tanpa mengurangi entitas budaya, sehingga kolaborasi antara ilmu pengetahuan dengan kearifan lokal MHA sangat diperlukan tujuannya adalah agar praktek pengelolaan SDKP yang lestari dapat diadopsi di wilayah lain bahkan dalam penyusunan kebijakan. Indonesia menghormati dan mengapresiasi kearifan lokal sebagai pengelolaan berkelanjutan yang dilakukan oleh MHA, karena MHA adalah aset budaya bangsa yang perlu terus dijaga.

Wilayah kelola MHA perlu disosialisasikan kepada pemangku kepentingan oleh pemerintah dan pemerintah daerah sesuai kewenangannya, misalnya oleh Bupati saat pengesahan Perbup penetapan dan oleh Gubernur saat pengesahan RZWP3K. Kolaborasi dan sinergi pemerintah, pemda, LSM/NGO, MHA, akademisi, dan pemangku kepentingan lain dalam menjaga MHA menjadi hal yang sangat penting.

Webinar MHA ini dihadiri oleh 132 orang peserta yang berasal dari pemerintah, pemerintah daerah, LSM/NGO, MHA, akademisi, dan pemangku kepentingan lainnya. Melalui zoom meeting acara yang di moderatori Kasubbag Program DKP Wakatobi ini menghadirkan pemateri dari berbagai sector yang turut dalam andil pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan di Kab. Kep. Wakatobi.

 

Article Link: http://samudranesia.id/kkp-dukung-transformasi-nilai-nilai-kearifan-lokal-ke-dalam-pengakuan-hukum/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published