Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

KKP Beri Apresiasi Penyelamatan Hiu Paus Di Aceh Selatan

Aceh (Samudranesia) – Apresiasi penyelamatan hiu paus (Rhincodon typus), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang menyerahkan piagam penghargaan kepada kelompok masyarakat di Aceh Selatan, Senin (15/06).

Piagam penghargaan diserahkan kepada Masturi selaku ketua kelompok nelayan pukat Seuleukat yang mewakili 11 anggotanya atas upaya penyelamatan satu (1) ekor hiu paus (Rhincodon typush) terjaring pukat yang berhasil dilepasliarkan dalam keadaan hidup pada bulan Februari lalu.

Penyerahan disaksikan oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Bakongan Timur, Kepolisian Sektor (Polsek) Bakongan Timur, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Bakongan Timur, Keuchik Seuleukat Bakongan Timur, Panglima Laut Bakongan Timur, Tapaktuan Diving Club (TDC) Aceh Selatan, Pemuda Seuleukat dan Masyarakat Seuleukat.

Kepala BPSPL Padang, Mudatstsir menyampaikan perlindungan biota laut dilindungi sesuai dengan peraturan yang berlaku serta tata cara pertolongan pertama pada biota laut terdampar. Pemaparan tersebut didukung dengan media cetak yaitu poster sebagai media informasi yang selanjutnya dapat di manfaatkan oleh masyarakat Seuleukat. Kegiatan disambut dengan baik dan antusias oleh masyarakat Seuleukat dengan beberapa pertanyaan yang diajukan.

Sekcam Bakongan Timur menyampaikan bahwa pelestarian dan perlindungan biota laut dilindungi harus selaras dengan pemahaman masyarakat mengenai jenis-jenis biota laut mana saja yang dilindungi. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dengan jelas-jenis biota dilindungi tersebut.

Apresiasi berupa piagam penghargaan pada anggota nelayan pukat sileukat diharapkan dapat menjadi contoh oleh masyarakat dan nelayan di wilayah lain untuk menjaga dan melestarikan biota laut yang dilindungi, serta tidak terjadi kembali pemanfaatan ilegal biota laut.


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published