Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

KKP Bahas Pembentukan Jejaring Kawasan Konservasi Perairan Di Kepri

Foto Dok. Super Adventure

Berita PRL, Kepulauan Riau - Sebagai tindak lanjut pertemuan sinkronisasi program Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasioan (LKKPN) Pekanbaru dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau, Rabu 9 September 2020 dilakukan pertemuan pembahasan tentang jejaring kawasan konservasi di Kepulauan Riau. Dalam pertemuan yang diselenggarakan secara daring tersebut dihadiri oleh 32 orang yang berasal dari Direktorat KKHL, Dinas Kelautan dan Perikana Provinsi Kepulauan Riau dan LKKPN Pekanbaru. Pada pertemuan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala LKKPN Pekanbaru yang dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Jejaring Konservasi Dit KKHL.

Dijelaskan bahwa dibentuknya jejaring antar kawasan konservasi perairan penting untuk dilakukan, hal ini untuk memastikan pelestarian keanekaragamanhayati laut berhasil sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Selain itu, keberadaan sebuah jejaring dapat diartikan sebagai suatu sistem KKP yang terkoordinasi dan terhubung satu sama lain baik melalui ranah biologi maupun administratif yang kesemuanya mencerminkan pendekatan terhadap rancangan, pengelolaan dan pemantauan yang konsisten. Untuk itu ada beberapa kriteria ekologi yang perlu dipertimbangkan ketika merancang sebuah jejaring.

Pembentukan jejaring kawasan konservasi perairan dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 13/PERMEN-KP/2014 Tentang Jejaring Kawasan Konservasi Perairan. Jejaring kawasan konservasi perairan adalah kerja sama pengelolaan 2 (dua) atau lebih kawasan konservasi perairan secara sinergis yang memiliki keterkaitan biofisik Jejaring kawasan konservasi perairan pada tingkat lokal merupakan jejaring kawasan konservasi perairan yang terdapat dalam suatu hamparan ekoregion yang berada dalam 1 (satu) provinsi serta memiliki keterkaitan ekosistem.

Dalam pertemua tersebut dihasilkan komitmen dari keduabelah pihak untuk melanjutkan proses pembentukan jejaring kawasan dengan melakukan langkah-langkah sesuai dengan Permen KP No 13 Tahun 2014 diantarnya adalah penyusunan draft dokumen jejaring kawasan konservasi perairan.

 

 

Article Link: https://kkp.go.id/djprl/artikel/23280-kkp-bahas-pembentukan-jejaring-kawasan-konservasi-perairan-di-kepri


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published