Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Ketika Edhy Prabowo Reuni di Komisi IV, Apa yang Bakal Terjadi?

Edhy Prabowo saat menjadi Ketua Komisi IV DPR. Foto: dpr.go.id.

Jakarta (Samudranesia) – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo besok, Rabu (6/11) akan melakukan Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi IV DPR RI. Selama satu periode (2014-2019), Edhy menjadi pimpinan di komisi yang memiliki mitra dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan tersebut.

Hampir setengah dari jumlah Komisi IV DPR saat ini masih berisi muka-muka lama kepemimpinan Edhy terdahulu. Di komisi ini masih terdapat politisi PKB Daniel Johan yang dikenal kritis dengan masalah-masalah kelautan dan perikanan. Begitu juga dengan politisi PDIP Ono Surono. Keduanya merupakan orang-orang yang lama berkecimpung di bidang tersebut.

Ketika era Menteri Susi Pudjiastuti, baik Daniel Johan maupun Ono Surono merupakan legislator yang paling sering mengkritisi kebijakan KKP. Walaupun berasal dari partai koalisi pemerintah saat itu, namun tetap saja para pejabat KKP kerap menjadi bulan-bulanan dari mereka.  

Termasuk Edhy yang merupakan politisi Gerindra, saat itu dirinya sebagai oposisi yang selalu mengkritisi kebijakan pemerintah. Bersama koleganya di Gerindra, KRT Darori Wonodipuro, Edhy merupakan momok bagi menteri-menteri pemerintah yang hadir memenuhi undangan Komisi IV. Termasuk Menteri Susi kala itu, juga pernah merasakan dikuliti saat duduk bersidang di komisi ini.

Belum lagi ada politisi kawakan PKS asal Sulawesi Selatan Andi Akmal Pasluddin, namanya juga masih masuk daftar anggota Komisi IV saat ini. Nama lainnya yang berakar di komisi ini adalah duo Nasdem, Sulaiman el Hamzah dan Fadholi.

Muka baru yang menduduki pimpinan komisi ini ialah politisi PDIP Sudin selaku ketua bersama politisi Gerindra Budisatrio Djiwandono dan politisi Golkar Dedi Mulyadi serta politisi Nasdem Hasan Aminudin sebagai wakil ketua. Sementara Daniel Johan merupakan muka lama yang masih bertengger sebagai wakil ketua komisi.  

Akankah Edhy Prabowo merasakan hal yang sama dengan menteri sebelumnya saat Raker besok? Tentu banyak pihak yang menebak bahwa nuansa Raker besok penuh dengan friendly. Selain sebagai ajang reuni dan nostalgia, Raker besok barulah permulaan dari masa kepemimpinan Edhy di KKP.

Belum banyak program dan gebrakan apalagi kesalahan fatal yang dilakukan oleh Edhy. Jadi prediksi kuat Raker besok bakalan santai dan penuh canda. (Tyo)

 

Article Link : http://samudranesia.id/ketika-edhy-prabowo-reuni-di-komisi-iv-apa-yang-bakal-terjadi/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published