Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Kapal Logistik tetap Berjalan, Praktisi: Kalau Tidak Rakyat Mau Makan Apa?

Foto: PT DLN

Jakarta (Samudranesia) – Hilir mudik kapal penumpang memang dilarang oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 tahun 2020. Namun tidak untuk kapal pengangkut logistik. Pemerintah menjamin kapal pengangkut logistik masih bisa beroperasi selama mengikuti protokol Kesehatan Covid-19.

“Setiap pelabuhan tetap memberikan pelayanan terbaik khususnya bagi kapal-kapal yang mengangkut bahan pokok dan logistik lainnya, sehingga pasokan logistik melalui transportasi laut tetap terjamin dengan baik dan lancar,” kata Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo beberapa waktu lalu.

Hal itu mengingat pengangkutan logistik melalui jalur transportasi laut merupakan sisi yang vital bagi perekonomian masyarakat. Sehingga hal itu turut disambut positif oleh para praktisi pelayaran dan pelaku usaha di sektor logistik.

Direktur Keuangan dan Administrasi PT Dharma Lautan Nusantara (DLN), Dayan Hakim menyatakan dalam hal pengangkutan logistik, kapal-kapal milik perusahaannya masih tetap beroperasi.

“(Masih) tetap beroperasi Pak, logistik tetap harus jalan, baik kapal batubara maupun tol laut tetap harus jalan. Mau makan apa rakyat kalau logistik lumpuh Pak? Begitu pula dengan bongkar muatnya,” kata Dayan dalam pesan elektroniknya kepada Samudranesia, Rabu (29/4).

Ia menegaskan bahwa pihaknya juga sudah menerapkan Standard Operational Procedure (SOP) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Mulai dari pengecekan Kesehatan secara berkala kepada seluruh awak kapal dan petugas lapangan, hingga penerapan teknis lainnya.

Sambung dia, petugas lapangan tetap bekerja secara full team, tidak ada yang menerapkan Work From Home (WFH). “Semuanya full team Pak, hanya staf kantor saja yang kita atur shift,” ungkapnya.

Pesan karyawan PT DLN

Saat ini ada 5 kapal tol laut DL dan 2 kapal tol laut ASDP yang dilayani oleh PT DLN untuk bongkar muat dan trucking-nya. Semuanya berjalan sesuai ketentuan Permenhub. Dayan pun berharap kepada para petugas lapangan untuk mematuhi protokol Kesehatan agar terhindar dari virus Corona.

Pasalnya para pekerja di atas kapal sangat rentan dengan adanya penularan virus ini. Hal itu seperti yang dialami oleh beberapa ABK kapal Pelni dan pelaut di beberapa negara.

Maka dari itu, sebelumnya ada usulan dari Direktur National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi, untuk pengiriman logistik melalui transportasi laut seyogyanya diambil alih oleh kapal-kapal milik TNI Angkatan Laut (AL).

“Di negara ini ada belasan Lantamal dan puluhan Lanal yang tersebar hampir di seluruh pelosok negeri. Apa tidak bisa transportasi logistik antarpulau dan angkut penumpang dilakukan oleh kapal-kapal TNI AL? Kapal komersial lebih baik istirahat seratus persen,” ucap Siswanto. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/kapal-logistik-tetap-berjalan-praktisi-kalau-tidak-rakyat-mau-makan-apa/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published