Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Istri Menteri Edhy Diminta Menjadi Motivator

Iis Edhy Prabowo saat dikukuhkan menjadi Ibu Taruna di Politeknik AUP, KKP, Senin 28 September 2020 (dok. Politkenik AUP)

Jakarta (Samudranesia)-Iis Edhy Prabowo dikukuhkan sebagai Ibu Taruna Politeknik AUP. Istri dari Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ini selanjutnya akan menjadi pembimbing dan motivator bagi para taruna di politeknik.

Acara pengukuhan dilakukan di sela-sela penutupan kegiatan Masa Orientasi dan Studi Ketarunaan (MOSTAR) 2020. Menurut Iis, sekarang saatnya untuk taruna/i baru sebagai wajah-wajah baru di Politeknik AUP, dapat mempersiapkan jati diri baik secara moral, spiritual, dan intelektual dalam menjadi kader pembanguan perikanan yang TANGKAS (Tangguh, kompeten, dan berintegritas). 

Ia berharap ke depannya laut Indonesia dapat dikelola oleh para taruna/i dengan bijak dan kompeten, serta dapat mengembangkan kompetensi dengan membangun dunia usaha. “Mari berkiprah dan membangkitkan diri untuk negeri, dan menjadi insan yang bermanfaat untuk bangsa dan negara. Kita bangun dan ciptakan lingkungan pendidikan di Politeknik AUP ini menjadi kondusif,inovatif, dan komperatif. Jadilah calon-calon pengusaha yang handal, berdaya guna dan berhasil guna untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa dan Negara”, tambahnya.

Di tahun ajaran 2020/2021 Politeknik AUP meloloskan 464 calon taruna dari sekitar 5000 pendaftar. Mereka selanjutnya akan menempuh pendidikan selama 4 tahun. Nantinya para lulusan disiapkan untuk tidak hanya memperoleh ijazah tetapi juga sertifikat keahlian, yang antara lain yaitu Ahli Nautika Kapal Penangkapan Ikan Tingkat 1 (ANKAPIN 1) untuk Prodi TPI; Basic Safety Training (BST) untuk Prodi TPI dan MP; Ahli Teknika Kapal Penangkapan Ikan Tingkat 1 (ATKAPIN 1) untuk Prodi MP; Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) / PMMT untuk Prodi TPH; Sertifikat Pengolahan Ikan (SPI) untuk Prodi TPH; Sertifikat Sensori untuk Prodi TPH; Manajer Pengendalian Mutu (MPM) untuk Prodi TAK; Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) untuk Prodi TAK; Marine Protected Area Design (MPAD) untuk Prodi TPS; Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) untuk Prodi TPS; dan Penyuluh Level Supervisor untuk Prodi PP. Ijazah tersebut diakui di dunia usaha maupun di dunia industri serta keahlian dan skill yang diperoleh akan sangat bermanfaat bagi para lulusan yang ingin melakukan wirausaha.

Politeknik AUP sampai saat ini sudah memiliki 6 program Studi Sarjana Terapan, yakni Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Permesinan Perikanan (MP), Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), Teknologi Akuakultur (TAK), Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Perairan (TPS), Penyuluhan Perikanan (PP); serta1 Program Studi Magister Terapan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan (PSP), dengan lokasi kampus terletak di Pasar Minggu – Jakarta, Karang Antu – Serang, dan Cikaret – Bogor.

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/istri-menteri-edhy-diminta-menjadi-motivator/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published