Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Injak Usia Tiga Tahun, Ini Pesan Menteri Edhy kepada Aspeksindo

Menteri KP Edhy Prabowo bersama Ketua Aspeksindo Abdul Gafur Mas'ud/Samudranesia

Jakarta (Samudranesia) – Dalam rangka memperingati hari jadi Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) ketiga yang diperingati di Gedung Mina Bahari III, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta, Senin (10/8), dirancang pengelolaan daerah pesisir secara terpadu.

Acara yang dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid dan Wakil Ketua DPD Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono beserta jajaran eselon I KKP.

Ketua Umum Aspeksindo Abdul Gafur Mas’ud menyatakan dalam usia yang masih muda ini, pihaknya tidak hentinya berupaya untuk mengelola pembangunan daerah pesisir. Terutama dalam meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

“Di usia yang masih muda ini, kami berkesempatan untuk membantu pemerintah dalam membangun daerah kepulauan dan msyarakat pesisir. Kami lebih mengetahui tentang kondisi masyarakat pesisir. Bagaimana mau membangun ekonomi pesisir jika masyarakat tidak memiliki ilmu pengetahuan,” ungkap Gafur dalam sambutannya.

Pada momentum ini, ia mengumumkan adanya Aspeksindo Award dan Aspeksindo Scholarship sebagai bagian dalam membangun kapasitas masyarakat pesisir dalam mengelola potensi kelautannya.  

“Banyak potensi kelautan yang bisa dikelola untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir. Jika ini berjalan, saya yakni bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar dan menjadi Poros Maritim Dunia,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri Edhy Prabowo menyampaikan apresiasinya yang tinggi kepada Aspeksindo. Lembaga ini merupakan mitra yang baik dari KKP dalam membangun perekonomian masyarakat pesisir.

“Selamat ulang tahun kepada Aspeksindo yang ketiga. Tiga tahun kalau dihitung sebagai bayi manusia memang masih balita. Tapi kalau itu ukuran harimau, itu usianya sama dengan 45 tahun. Satu tahun ekuivalen dengan 8-15 tahun. Jadi tiga tahun usia Aspeksindo sama hebatnya, sama cerdasnya dengan usia 45 tahun,” ungkap Edhy.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya siap bekerja sama dan memohon bantuan untuk terus diberi masukan mengenai kondisi daerah pesisir. Edhy berharap agar kepala daerah pesisir yang tergabung dalam Aspeksindo dapat memetakan daerah untuk perikanan budidaya dan tangkap.

“Saya tidak mau mengumbar-umbar janji, tapi saya tidak mau patah arang untuk membangun sektor kelautan kita. Anggaran kita memang tidak banyak, tapi kami ingin membangun sektor ini dengan dana dari luar APBN yang bisa kita kembangkan,” terangnya.

Dewan Pakar Aspeksindo, Prof Dr Rokhmin Dahuri juga merupakan Koordinator Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan. Dengan demikian, Edhy menyebut bahwa antara dirinya dengan Aspeksindo sudah memiliki rasa yang sama dalam membangun sektor kelautan dan pesisir Indonesia.

“Secara prinsip apa yang dirasakan oleh Aspeksindo, sudah ada di hatinya Menteri Kelautan dan Perikanan. Semoga di usia yang ketiga ini semakin berarti bagi Aspeksindo dalam membangun kelautan,” pungkasnya. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/injak-usia-tiga-tahun-ini-pesan-menteri-edhy-kepada-aspeksindo/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published