Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

IKPPNI Usung Hari Pelaut Sedunia sebagai Hari Libur Internasional

Foto: Ketua IKPPNI Capt Dwiyono Soeyono

Jakarta (Samudranesia) – Memperingati Hari Pelaut Sedunia (Seafarer’s Day) 25 Juni 2020, Ikatan Korps Perwira Pelayaran Niaga Indonesia (IKPPNI) mendorong 25 Juni untuk ditetapkan sebagai gari libur internasional.

“Di hari yang sakral bagi pelaut niaga dunia dan terkhusus bagi pelaut niaga Indonesia, atas nama korps organisasi maritim kami mengucapkan selamat Hari Pelaut Sedunia. Untuk menyingkat kata kami kembali mengajukan kepada IMO (International Maritime Organization-red) untuk mendukung bahwa Hari Pelaut Dunia ditetapkan sebagai hari libur internasional,” kata Ketua IKPPNI Capt Dwiyono Soeyono kepada Samudranesia, Kamis (25/6).

Sama dengan halnya pada peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada setiap 1 Mei, organisasi buruh dunia telah menyatakan sebagai hari libur internasional. Begitu juga, banyak negara telah menetapkan hari itu sebagai hari libur nasionalnya.

 

Sambung Capt Dwiyono, tujuan ditetapkannya hari libur internasional pada Hari Pelaut Sedunia itu sebagai penghargaan kepada pelaut niaga atas kontribusinya menjembatani rantai perbekalan ke pelosok dunia.     

“Ini untuk memberikan penghargaan tinggi yang harus diingat publik dunia atas jasa pelaut akan pentingnya kontribusi kesinambungan konektivitas rantai perbekalan bagi seluruh dunia,” jelasnya.

Ia pun sudah mengajukan 10 alasan mengapa Hari Pelaut Sedunia perlu ditetapkan sebagai hari libur internasional kepada Sekjen IMO Kitack Lim.

“Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kitack Lim atas permohonan dan dukungan positifnya, kami pelaut niaga Indonesia merupakan bagian dari pelaut dunia,” pungkasnya.

Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperkenalkan pada Amandemen Manila bulan Juni 2010 yang mengadopsi revisi besar terhadap Konvensi STCW dan Kode terkait, di mana Konferensi Diplomatik sepakat bahwa kontribusi yang dibuat oleh para Pelaut untuk perdagangan internasional harus diakui dan diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pelaut Sedunia.

Tanggal 25 Juni yang dipilih sebagai Hari Pelaut Sedunia adalah merupakan hari di mana Amandemen tersebut secara resmi diadopsi. Hari Pelaut Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2011 saat IMO mengampanyekan dan menggalang dukungan dari seluruh masyarakat dunia untuk mengucapkan terima kasih kepada para Pelaut. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/ikppni-usung-hari-pelaut-sedunia-sebagai-hari-libur-internasional/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published