Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Ikan-ikan Unik Bermuka Seram yang Perlu Diketahui

Ikan batu Dok. koranperbatasan.com

Jakarta (Samudranesia) – Tak salah, jika banyak orang mengklaim laut itu misterius. Pasalnya, memang belum semua rahasia laut itu diketahui. Contohnya masalah ikan. Bisa jadi, terdapat ribuan atau bahkan jutaan jenis ikan yang menghuni lautan. Tapi, apakah semua sudah diketahui? Rasanya, tak mungkin. Kalau mau jujur, yang selama ini sudah terungkap mungkin tak lebih dari 20 persen saja.

Soal ikan terus terang masih banyak yang misterius dan belum semua orang tahu. Salah satu dari kelompok ini adalah ikan dengan bentuk aneh dan bermuka seram. Jika ditelusuri sejatinya ikan dari kategori ini sangat banyak. Sementara yang baru terungkap sedikit sekali. Berikut lima jenis ikan aneh bermuka seram yang perlu diketahui.

1. Ikan Batu (Stonefish)

Sesuai namanya ikan ini memang mirip batu, menyeramkan. Tak hanya itu, ikan batu sangat berbahaya bagi manusia karena berbisa dan bisa berakibat fatal. Ikan yang bernama latin Synanceia ini  hidup di dasar laut. Bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik, termasuk perairan Indonesia. Keunikan ikan ini nampak kasar dan mampu berkamuflase dengan lingkungan sekitar.

2. Lepu (Lionfish)

Ikan ini juga berbentuk aneh dan berbisa. Juga bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik. Meski begitu, lepu atau ikan singa justru banyak disukai orang. Dan, di banyak negara ikan ini dijadikan santapan karena rasanya yang lezat. Tampilannya cantik, memiliki garis-garis warna merah, oranye, putih, hitam atau cokelat, mirip zebra. Karenanya, ikan yang panjangnya 5 – 45 cm ini sering dijadikan hewan peliharaan juga.

3. Ikan Kodok Psikedelik (Psychedelic Frogfish)

Jenis ikan kodok ini berwarna kuning-coklat atau persik. Tambah cantik lagi karena ada garis-garis merah muda dan putih, tersusun menyerupai sidik jari. Meski aneh bentuknya, ikan kodok psikedelik ini tetap terlihat indah. Ikan kodok psikedelik hidup di perairan Pulau Ambon dan Bali di kedalaman 5 – 7 m. Habitatnya di celah-celah karang dan bisa berkamuflase dari pemangsa. Ukurannya kecil, sekitar 15 cm.

4. Ikan Kotak (Boxfish)

Bentuk ikan ini benar-benar seperti kotak. Terbentuk dari struktur tulang yang mirip kerang seperti karapas. Meski memiliki racun mematikan, ikan kotak cenderung damai, tidak agresif. Ikan ini berasal dari keluarga Ostraciidae dan hidup di terumbu tropis dan sub-tropis di Lautan Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Ada pula beberapa spesies ikan kotak di lautan terbuka, salah satunya ikan kotak kuning yang cantik.

5. Ikan Kalajengking Berjumbai (Tassled Scorpionfish)

Salah satu ikan yang paling berbisa di dunia. Memiliki beberapa duri yang terhubung dengan kelenjar racun. Racunnya bisa menyebabkan sakit parah dan kelumpuhan. Ikan kalajengking termasuk karnivora, dan bisa tumbuh hingga panjang 36 cm. Terdapat jumbai yang menutup sebagian tubuhnya. Dan, memiliki kemampuan berkamuflase yang baik. Hidupnya di Samudera Hindia dan Pasifik. (Guss)

 

Article Link: http://samudranesia.id/ikan-ikan-unik-bermuka-seram-yang-perlu-diketahui/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published