Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Empat Tahun Berkiprah, PPI Kian Solid Perjuangkan Pelaut

Aksi PPI di Hari Buruh 1 Mei.

Jakarta (Samudranesia) – Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) hari ini 27 April 2020, genap berusia empat tahun. Di usianya yang sudah menginjak empat tahun, PPI tetap konsisten memperjuangkan kesejahteraan pelaut Indonesia dengan dasar visi dan misi organisasinya.

Ketua Bidang Advokasi, Hukum dan HAM (Adkumham) PPI, Imam Syafi’i optimis di bertambahnya usia ini, PPI diharapkan semakin matang dan profesional dalam berorganisasi serta perjuangannya untuk membela kepentingan pelaut Indonesia.

“Tidak ada perjuangan yang sia-sia dan tidak ada perjuangan yang tidak membutuhkan pengorbanan. Empat tahun sudah saya bergabung dan berjuang bersama di barisan Serikat Pekerja/Serikat Buruh PPI,” kata Imam dalam keterangannya, Senin (27/4).

“Banyak suka dan duka yang telah saya lalui bersama kawan-kawan seperjuangan untuk membela, melindungi, mempertahankan hak dan kepentingan pelaut Indonesia pada umumnya dan pelaut anggota pada khususnya,” tambah dia.

Ia pun berharap dalam momentum ini anggota PPI di seluruh Indonesia kian solid baik di internal maupun di eksternal. Tanggal lahirnya PPI ini juga diusulkan untuk menjadi Hari Pelaut Indonesia.

Di wadah ini pula, Imam bersama rekan-rekannya juga merasa semakin terasah sebagai seorang pelaut. Sebagai seorang organisatoris, Imam dituntut untuk lebih banyak memahami persoalan hukum dan dinamika politk yang berkembang.  

“PPI bagi saya pribadi, bukan merupakan organisasi awal dalam berjuang menyuarakan aspirasi pelaut Indonesia. Tetapi di PPI, saya banyak menemukan dan mendapatkan teman, ilmu, bahkan keluarga baru yang sepemikiran terhadap perjuangan untuk peningkatan perbaikan kondisi hubungan industrial pelaut,” jelasnya.

Imam mengakui saat ini masih banyak PR (pekerjaan rumah) yang masih diemban oleh PPI Ia meminta dukungan dan doa dari seluruh mitra dan para insan maritim untuk senantiasa berjuang mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang besar. Perwujudan itu hanya bisa dicapai Ketika para pelautnya hidup sejahtera.

“Memang belum banyak yang telah PPI lakukan, tetapi tidak juga sedikit manfaat yang telah PPI sumbangkan untuk pelaut Indonesia, baik pemikiran, advokasi kasus, dan lain-lain, yang harapannya ke depan PPI menjadi organisasi pelaut yang besar dan bisa menjadi payung bagi para pelaut Indonesia,” pungkasnya. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/empat-tahun-berkiprah-ppi-kian-solid-perjuangkan-pelaut/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published