Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Edhy Prabowo Siapkan Kado Tahun Baru untuk Nelayan

Jakarta (Samudranesia) – Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo menyebut pada bulan Desember 2019 mendatang, pihaknya akan menghasilkan sesuatu yang bisa dinikmati oleh seluruh stakeholder perikanan termasuk nelayan.

“Ya kita berharap bulan-bulan ini sudah ada warnanya, sehingga bulan Desember itu sudah kelihatan. Tahun Baru itu ada hadiah lah buat nelayan kita,” kata Edhy saat ditemui di komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (6/11).

Diprediksi hadiah itu merupakan revisi kebijakan-kebijakan yang selama ini dianggap menyulitkan nelayan. Selama sebulan ini, Edhy akan gencar menampung aspirasi dari seluruh stakeholder perikanan dan kelautan.

“Saya enggak mau jadi gosip atau gegabah, ini (revisi kebijakan) perlu kehatia-hatian. Kami akan libatkan stakeholder untuk ikut juga merumuskan seperti apa,” tegasnya.

Politisi Gerindra ini memberikan contoh misalnya revisi kebijakan dari Menteri sebelumnya  yang menimbulkan polemik seperti pelarangan cantrang, ekspor baby lobster, transshipment dan lain sebagainya.

“Cantrang misalnya di Jawa Tengah diberi perpanjangan, Lampung sekarang menuntut juga ingin (perpanjangan). Kalau di Jawa Barat namanya pukat dogol segala macam, ini seperti apakah? Nah kita kan ingin tahu secara lokal seperti apa kearifannya karena ada alasan pelarangan alat-alat tangkap besar ini supaya juga nelayan-nelayan tradisional yang kapalnya kecil bisa terakomodir juga,” terangnya.

Kemudian soal pembudidaya kerapu yang mati suri, industri perikanan yang lesu dan sebagainya terus ditampung oleh Edhy. Dia berharap dengan mengumpulkan para stakeholder terkait, dapat menemukan solusi yang baik.

“Semua sudah masuk radar kami, radar saya. Masyarakat pembudidaya termasuk stakeholder semua kita ajak untuk kita saling melengkapi,” pungkasnya. (Tyo)

 

Article Link : http://samudranesia.id/menteri-edhy-pastikan-tahun-baru-akan-ada-hadiah-buat-nelayan/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published