Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Duta Maritim Indonesia Beri Inspirasi Ratusan Pelajar Nias Selatan

MDN

D

Nias Selatan, Inako

Sejumlah Duta Maritim Indonesia yang tergabung dalam Kontingen Bela Negara dalam Pelayaran Lingkar Nusantara 2019 (Pelantara 9) mendatangi SMP Negeri 3 Dharma Caraka, Nias Selatan yang terletak hanya ratusan meter dari Lanal Teluk Dalam, Nias Selatan, tempat perkemahan peserta Pelantara 9.

Duta Maritim Indonesia merupakan salah satu bagian dari Kontingen Bela Negara dari Kementerian Pertahanan RI, yang mengiktui kegiatan Pelantara tahun 2019 bersama peserta Kapal Pemuda Nusatara (KPN) dari Kemenpora dan Saka Bahari binaan TNI Angkatan Laut, dalam rangka memeriahkan Sail Nias 2019.

Selain ke-10 Duta Maritim Indonesia, Kontingen Bela Negara tahun ini terdiri dari siswa-siswi SMK KAL 2 Surabaya, YAHARI Sidoarjo, Mahasiswa Akademi Maritim Nasional Jakarta dan Mahasiswa Politeknik Maritim Indonesia Semarang.

 


Beberapa anggota Kontingen Bela Negara berpose bersama siswa/i SMP 3 Nias Selatan, Rabu (11/9) [Inakoran.com/Ina TV]

 

Tiba di SMP 3, kesepuluh Duta Maritim Indonesia langsung menyerbu ke sejumlah ruang kelas untuk menyapa, bersilaturahim, dan berbaur dengan para siswa/i sekolah itu sambil memberikan inspirasi kepada generasi muda Nias Selatan, khususnya para siswa SMP 3.

Banyak hal yang disampaikan kesepuluh Duta Maritim Indonesia saat itu, namun yang paling utama adalah soal pentingnya upaya bela negara di Indonesia dan juga soal wawasan Kemaritiman yang harus ditumbuhkan dalam diri para generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan.

 


Para siswa/i SMP 3 Teluk Dalam Nias Selatan [Inakoran.com/Ina TV]

 

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam ini sangat meriah dan penuh sukacita, sambutan dengan atusiasme yang tinggi dari siswa-siswi seolah menambah semaraknya agenda ini.

Tak hanya itu, Satgas Pelantara melalui Duta Maritim ini juga menyerahkan berbagai peralatan sekolah seperti buku bacaan, alat-alat kebersihan dan sarana olahraga.

Duta Maritim Indonesia berharap kedatangannya ke sekolah ini akan memberika warna-warni baru bagi siswa-siswi di Nias Selatan.

Intraksi langsung yang hangat dan penuh ceria bersama pelajar menciptakan kesan tersendiri bagi Duta Maritim Indonesia dan para siswa serta guru di SMP 3. Melalui kunjungan singkat ini, diharapkan dibangun sebuah kesadaran dalam diri para siswa bahwa bangsa kita adalah bangsa yang majemuk, bangsa yang beragam yang disatukan oleh roh dan cita-cita yang sama sebagaimana dibangun oleh pendiri bangsa sejak awal berdirinya negara ini.

 


Beberapa peserta Duta Maritim Indonesia berpose bersama Deputi Pemberdayaan Pemuda (tengah baju putih) di Dermaga Sibolga, Jumat (6/9)

 

Keseputuh Duta Maritim Indoensia itu bwerharap, anak-anak SMP 3 Nias Selatan kelak akan menjadi agen bela negara yang bisa turut serta dalam menjaga keberlangsungan kemaritiman Indonesia khususnya di Nias Selatan.


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published