Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

DJPB Masih Verifikasi KJA Mangkrak untuk Budidaya Lobster

KJA mangkrak di perairan Serang Banten yang akan digunakan untuk budidaya lobster. /Samudranesia.

Jakarta (Samudranesia) – Keramba Jaring Apung (KJA) berbahan HDPE (High Density Polyethylene) yang banyak mangkrak, utamanya di perairan Sulawesi Selatan dan Banten sudah seharusnya diberdayakan untuk budidaya lobster.

KJA yang merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) periode 2014-2019 untuk pembudidaya kerapu dan kakap itu entah kenapa kini kondisinya tidak terawat alias mangkrak.

Maka dari itu, seiring dengan semangat budidaya lobster melalui Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan (KP) Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan, KJA yang mangkrak itu bisa dioptimalkan.

Laporan mengenai adanya KJA mangkrak sudah sampai ke telinga Direktur Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) KKP Slamet Soebjakto. Namun pihaknya tidak mau gegabah dalam mengelola KJA yang disinyalir masih meninggalkan rentetan masalah terdahulu itu. 

“Terkait KJA mangkrak, maka kebijakan DJPB adalah melaksanakan verifikasi dari KJA yang mangkrak tersebut, baik jumlah maupun lokasinya,” kata Slamet dalam pesan elektroniknya, Selasa (25/8).

Di beberapa daerah seperti misalnya di Sabang, proyek KJA di era menteri sebelumnya terganjal kasus dugaan korupsi. Alhasil, mantan Dirut Perinus telah ditetapkan sebagai tersangka dalam pengadaan KJA tersebut.

Tak hanya pengoptimalan KJA, Slamet juga berkomitmen akan membantu para pembudidaya lobster untuk memenuhi target dari pelaksanaan Permen KP 12/2020.

“Untuk kesulitan akses permodalan kita akan memberikan bantuan sarana budidaya berupa bantuan benih dan pakan,” ujarnya.

Tak sampai di situ, bagi pembuddidaya yang kesulitan mengakses modal dari perbankan, pihaknya juga akan membantu lewat Badan Layanan  Usaha – Lembaga Pengelola Modal Usaha KP (BLU LPMUKP).  

“DJPB menggandeng BLU LPMUKP terkait dukungan pembiayaan. Hal ini karena bantuan pemerintah tidak bisa 100 persen disalurkan untuk bantuan masyarakat,” pungkasnya. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/djpb-masih-verifikasi-kja-mangkrak-untuk-budidaya-lobster/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published