Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Dirjen Hubla Ajak Pengusaha Manfaatkan Tol Laut

Dirjen Hubla Agus Purnomo (tengah).

Jakarta (Samudranesia) –Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan merupakan ujung tombak utama dalam kesuksesan program Tol Laut. Namun kesuksesan program Tol Laut untuk mengurangi disparitas harga juga tidak lepas dari peran para pengusaha lokal dan Pemerintah Daerah setempat.

Oleh Karena itu, Dirjen Hubla Agus H Purnomo mengajak para pengusaha untuk memanfaatkan Tol Laut dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi saat ini.

“Program Tol Laut bisa dipakai oleh usahawan untuk membangun dunia ekonomi agar bisa tumbuh dengan menciptakan banyak lapangan kerja. Ini supaya ekonomi kita bisa cepat bangkit di masa pandemi ini,” ujar Agus dalam dalam webinar bertajuk “Transportasi untuk Merajut Keberagaman” yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Detikcom, Senin (24/8).

Dalam momentum 75 tahun kermerdekaan Indonesia, peran transportasi laut semakin vital dalam merajut keberagaman untuk memperkuat ekonomi. Hadirnya Tol Laut sebagai konektivitas antar pulau terbukti telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Agus menambahkan bahwa trayek Tol Laut saat ini bertambah menjadi 26, yang seluruhnya digunakan untuk menopang ekonomi masyarakat di daerah terpencil. Selain Tol Laut, Ditjen Hubla juga siapkan pembangunan 1300 lebih pelabuhan dan 110 trayek perintis untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Tak hanya itu, program Tol Laut juga menopang daerah-daerah penghasil ikan melalui reefer container yang dimiliki di setiap kapalnya. Sehingga ikan-ikan di pulau terluar bisa diangkut menggunakan kapal Tol Laut.

Agus juga menjelaskan bahwa Tol Laut jug satu tarikan nafas dengan daya dukung kepada daerah-daerah wisata di Indonesia. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi semakin bisa dipacu dengan adanya konektivitas melalui Tol Laut.

“Pertumbuhan ekonomi bisa kita pacu melalui program-program yang kami siapkan. Ini bisa dilakukan oleh usahawan yang ingin menjalankan usahanya. Ayo kita dukung untuk mempercepat ekonomi di tengah pandemi,” tegasnya.

“Manfaatkan konektivitas, seluruh NKRI terhubung,” tandas Agus.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut hadir sebagai keynote speaker dalam diskusi itu. Selain Agus Purnomo, para narasumber lain dalam webinar itu antara lain Ketua Indonesian National Shipowner’s Association (INSA) Carmelita Hartoto, Dosen ITS sekaligus pengamat transportasi laut Saut Gurning, dan Bupati Morotai Benny Laos. Acara tersebut dimoderatori oleh komika Abdur Rasyad. (Tyo)

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/dirjen-hubla-ajak-pengusaha-manfaatkan-tol-laut/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published