Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Diperlukan Modernisasi Industri Pertanian dan Maritim

Foto: suaramerdeka.com/Dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Peningkatan pendapatan masyarakat pedesaan harus menjadi salah satu fokus utama, untuk dapat menurunkan angka kemiskinan di Indonesia.

Oleh karena itu, modernisasi teknologi dan infrastruktur di sektor pertanian dan maritim perlu digenjot, sehingga akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan desa, yang mayoritas mata pencahariannya sebagai petani dan nelayan.

Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi Partai NasDem, Fadholi mengungkapkan, infrastruktur pertanian dan maritim saat ini harus diseleraskan dengan kemajuan teknologi revolusi industri 4.0.

"Dalam menyongsong revolusi industri 4.0, maka infrastruktur harus cepat, dan juga penguasaan teknologi petani harus diberikan bimbingan," ungkap Fadholi, disela-sela Focus Group Discussion (FGD) Bidang Pertanian dan Maritim DPP NasDem, "Industri Pedesaan, Sistem Resi Gudang dan E-Commerce", di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta.

Dikatakan, selain perbaikan infrastruktur dan pendampingan teknologi kepada petani dan nelayan, perlu juga peningkatan pelayanan dan perijinan. "Salah satu contohnya masalah perizinan perkapalan. Kalau izinnya lambat, maka kapal-kapal nelayan akan lama tidak beroperasi, maka pendapatan nelayan akan tidak maksimal," jelasnya.

Nantinya, sambung dia, dari FGD ini akan dirumuskan rekomendasi untuk perbaikan kesejahteraan masyarakat, khususnya di sektor pertanian dan maritim.

"Sektor maritim dan pertanian ini kan mayoritas masyarakat kita. Ketika ada tambahan penghasilan, maka rakyat akan sejahtera. Kita perlu lakukan pendampingan kepada petani dan nelayan yang sesuai dengan kondisi saat ini, agar bisa memberikan tambahan penghasilan," ujar Fadholi.

Ketua Bidang Pertanian dan Maritim DPP Partai NasDem, Emmy Hafild mengatakan, yang perlu dikembangkan pada saat ini adalah industri pedesaan, mulai dari sistem on farm dan off farm sekaligus. Industri pedesaan bukanlah industri perumahan, tetapi industri skala pedesaan, yang mengolah hasil produk pertanian maupun perikanan di desa tersebut menjadi semi produk akhir maupun produk akhir.

"Adanya fasilitas pengolahan pertanian dan perikanan di tingkat pedesaan, dimana petani dan nelayan dapat membawa hasil panen dan tangkapannya ke fasilitas tersebut, dan memprosesnya dengan kualitas yang terjaga, kemudian dapat mengepak hasil produknya dan menjual secara kolektif hasil pemrosesan, sehingga petani menikmati nilai tambah dari pemrosesan ini," kata Emmy.

 

Article Link : https://www.suaramerdeka.com/news/baca/197883/diperlukan-modernisasi-industri-pertanian-dan-maritim


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published