Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Dikenal sebagai Daerah ‘Lumbung Pelaut’, Sulsel Didorong Miliki Serikat Pelaut

Ilsutrasi Foto: Istimewa

Makassar (Samudranesia) – Terkait dinamika perjuangan pelaut Indonesia dari tahun ke tahun, makin banyak pelaut yang sadar pentingnya berserikat. Tidak terkecuali para pelaut di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menginisiasi pembentukan Serikat Pelaut Sulawesi Selatan (SPSS).

Konsolidasi dalam proses pembentukan wadah itu terus digelorakan oleh para pelaut Sulsel dan pelaut dari daerah lain yang bekerja di perairan Sulsel. Sejak diinisiasi oleh para aktivis pelaut pada April 2020 lalu, saat ini terdapat 88 pelaut yang mengatasnamakan dirinya sebagai para Anggota Pembentuk (AP) SPSS.

Salah satu inisiator pembentukan SPSS, Syarifuddin B. Kaniyu, M.Mar.Eng menyatakan bahwa Provinsi Sulsel merupakan salah satu daerah “Lumbung Pelaut” di Indonesia. Di Sulsel terdapat banyak perusahaan pelayaran, begitupun dengan jumlah pelautnya.

“Selama ini banyak fakta di lapangan tentang kondisi miris ketenagakerjaan pelaut di sini, maka untuk dapat mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan, perlu adanya wadah serikat pelaut yang harus dibentuk di sini,” ujar Kaniyu dalam keterangannya, Sabtu (2/5/).

Sambung dia, sangatlah penting peranan dan fungsi dari serikat pekerja, terlebih bagi pelaut yang merupakan profesi dengan resiko kerja yang sangat tinggi atau “high risk” tetapi minim perlindungan dan pengawasan. Tidak sedikit pelaut yang mengalami kecelakaan kerja di atas kapal bisa mendapatkan hak-haknya sesuai aturan.

“Ini akibat lemahnya pengawasan perlindungan kerja. Paling tidak, hadirnya SPSS di Provinsi Sulsel bisa membawa angin segar “perubahan” terhadap kondisi miris ketenagakerjaan pelaut di Sulsel dengan cara melakukan gerakan perjuangan dan kerja sama baik dengan pemerintah provinsi maupun dengan para pengusaha di bidang pelayaran demi seimbangnya hubungan industrial kepelautan di Provinsi Sulsel,” jelasnya.

“Saat ini kami masih melakukan rekrutmen kepada para pelaut di Sulsel dengan cara memberikan edukasi pentingnya berserikat bagi pelaut agar mereka mau bergabung dalam bagian perjuangan menjadi AP-SPSS, yang nantinya pasca Covid-19 kami akan melakukan rapat-rapat pematangan untuk memilih pengurus AP SPSS terlebih dahulu,” tambah dia.

Masih kata Kaniyu, setelah AP SPSS disepakati jumlah maksimalnya, maka pengurus AP SPSS terpilih akan melakukan rapat guna menetapkan Tata Tertib pembentukan SPSS dan pemilihan pengurus SPSS, lalu proses pelegalan SPSS sebagai serikat pekerja.

“Bagi teman-teman pelaut yang berniat uuntuk bergabung untuk menjadi bagian dari AP SPSS dapat melakukan pendaftaran dengan mengirimkan No. WA, Pass Poto, dan Poto KTP ke email: serikatpelautsulsel@gmail.com dengan catatan calon pendaftar merupakan pelaut yang belum menjadi Anggota dari serikat pelaut lainnya,” pungkasnya. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/dikenal-sebagai-daerah-lumbung-pelaut-sulsel-didorong-miliki-serikat-pelaut/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published