Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Digitalisasi Sektor Kelautan dan Perikanan akan Diulas Forum Diskusi IMC

Ilustrasi Foto/Net

Jakarta (Samudranesia) – Sumber daya alam kelautan dan perikanan yang dimiliki oleh Indonesia sangat beragam, baik jenis dan potensinya. Potensi sumber daya tersebut terdiri dari sumber daya yang dapat diperbaharui, seperti sumber daya perikanan, baik perikanan tangkap maupun budidaya laut dan pantai, energi nonkonvensional, dan energi serta sumber daya yang tidak dapat diperbaharui seperti sumber daya minyak dan gas bumi, dan berbagai jenis mineral.

Sumber Daya Manusia dan Teknologi juga memegang peranan penting di sektor ini. Para Nelayan, Kapal Penangkap Ikan dan ABK-nya, dan juga teknologi, termasuk upaya digitalisasi, perlu terus diberdayakan dan dikembangkan untuk mengoptimalisasi pemanfaatan sumber daya kelautan yang dimiliki Indonesia. Bagaimana peluang dan tantangan untuk digitalisasi sektor kelautan dan perikanan di masa pandemi covid 19 saat ini dan ke depannya?

MYSHIPGO melalui forum diskusinya, Indonesia Maritime Club (“IMC”), kembali menyelenggarakan diskusi via ZOOM yang bertajuk:  Peluang Dan Tantangan Digitalisasi Sektor Kelautan dan Perikanan Di Masa dan Pasca Pendemi Covid-19  pada Hari Rabu 22 Juli 2020 mendatang pukul 10.00 WIB.

Dengan Narasumber antara lain Koordinator/Penasihat Bidang Daya Saing SDM, Inovasi Teknologi dan Riset Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri MS.,

“Sektor maritim, kelautan dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan (17000 pulau) yang 2/3 wilayahnya terdiri dari laut. Myshipgo menggagas forum diskusi ini untuk dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan dan pencerahan di sektor maritim,kelautan,logistik dan juga teknologi informasi/digitalisasi,” ujar CEO dan Cofounder Myshipgo, Harlin E. Rahardjo..

Selain itu, Myshipgo berharap dapat “merangkul” para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk bangkit dari kondisi pandemi Covid 19 ini demi memajukan Indonesia.

“Di seri 12 ini kami mengangkat sektor kelautan yang potensi sumber daya nya sangat besar tapi belum dikelola secara optimal. Kami menghadirkan pakar kelautan dan perikanan Prof. Rokhmin Dahuri, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI 2001-2004 dan juga Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB). Dengan latar belakang, pengetahuan dan berbagai pengalaman beliau, kami berharap forum diskusi IMC 12 akan menarik, berbobot dan bermanfaat,” tambah Harlin.

“Selain narasumber, ada juga beberapa pelaku2 industri kelautan dan perikanan akan hadir untuk berbagi ilmu dan pengalaman untuk memperkaya diskusi,“ tambah Moderator IMC dan cofounder Myshipgo, Dony Ari Nugroho.

Forum Diskusi Virtual Indonesia Maritime Club sudah memasuki edisi ke 12 dan akan hadir setiap minggunya di hari Rabu jam 10 dengan topik-topik yang menarik dan narasumber-narasumber yang kredibel. Pendaftaran melalui link di bit.ly/myshipgo_imc12 atau WA di +62 819 056 049 99. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/digitalisasi-sektor-kelautan-dan-perikanan-akan-diulas-forum-diskusi-imc/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published