Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Di Mana Merayakan Imlek yang Lebih Berkesan di Jakarta?

Suasana perayaan Imlek di salah satu mall di Jakarta Dok. sibukliburan.id

Jakarta (Samudranesia) – Nuansa merah yang begitu dominan pada momen Imlek harus diakui sudah menjadi tradisi. Di mana pun itu, tak terkecuali di sudut-sudut Ibukota warna yang begitu identik dengan tradisi Saudara kita dari kelompok masyarakat Tionghoa terasa sangat marak. Nuansa itu terasa kian marak karena di saat yang sama tak sedikit lampion terpasang di berbagai tempat. Satu perpaduan warna merah dengan lampion menterengnya yang diklaim menjadi ciri khas mereka. Logis, jika di momen imlek ini keduanya nampak begitu marak menghiasi setiap bangunan dan tempat-tempat tertentu.

Yah, Imlek memang momen yang sangat penting bagi masyarakat Tionghoa terkait pergantian tahun menurut penanggalan mereka. Dimulai hari pertama pada bulan pertama penanggalan Tionghoa dan berakhir pada Chap Go Meh atau tanggal 15, tepat pada saat bulan purnama. Dan, pergantian malam tahun barunya sendiri disebut Chuxi. Sudah menjadi tradisi, demi menyambut Imlek tentunya tak sedikit persiapan yang harus dilakukan oleh warga keturunan Tionghoa, tak terkecuali yang tinggal di Jakarta. Selain mempersiapkan makanan khas Imlek, mereka juga tak jarang menyiapkan pakaian-pakaian terbaru untuk digunakan dalam peristiwa itu.

Aktivitas lain yang tentu tak pernah ketinggalan untuk dilakukan dalam suasana Imlek adalah mengunjungi klenteng.  Tujuannya tak lain tentu saja untuk ibadah. Mengenai klenteng untuk wilayah Ibukota Jakarta, harus diakui cukup banyak. Siapapun pastinya boleh saja untuk mengunjunginya. Salah satu klenteng legendaris di Jakarta yang sangat layak untuk dikunjungi adalah Klenteng Dharma Bhakti, lokasinya di Jalan Kemenangan III. Klenteng ini sangat legendaris, karena menjadi klenteng tertua di ibukota, didirikan pada 1650 oleh Letnan Kwee Hoen.

Klenteng Dharma Bhakti bukan hanya nyaman untuk ibadah, tapi juga mengasyikkan sebagai tempat wisata. Pasalnya, arsitektur klenteng ini sangat khas, sehingga membuatnya menarik untuk dilihat. Dari sisi sejarah pun klenteng ini jelas akan menambah wawasan. Karena itu, merayakan Imlek di Klenteng Dharma Bhakti selain memberi kesempatan beribadah lebih khusuk, nuansa wisataplus  edukasinya pun jelas akan mudah didapat.

Tak jauh dari Klenteng Dharma Bhakti yang masih masuk kawasan Pasar Petak Sembilan itu terdapat klenteng lain. Persisnya di daerah Tamansari, Jakarta Barat. Namanya Klenteng Jin De Yuan atau lebih populernya Kim Tek Le. Seperti halnya di Klenteng Dharma Bhakti, di klenteng ini pun menyajikan suasana serupa. Sangat tenang dan nyaman untuk ibadah, di sisi lain pengunjung pun bisa mendapatkan nuansa wisata yang menyejukkan. Plus, menambah wawasan untuk yang gemar mempelajari sejarah. Pasalnya, klenteng ini juga diklaim sebagai bangunan tua yang bersejarah, yang arsitekturnya sangat khas.

Atau, mungkin mau ganti suasana yang lebih seru, sambil makan-makan bersama keluarga. Di tengah suasana Imlek, Jakarta pastinya nyaris tak pernah kekurangan acara. Tak hanya di kawasan Pecinaan saja, suasana Imlek itu terasa, di tengah kota, khususnya mall-mall pun sangat ramai. Karena biasanya pusat-pusat perbelanjaan ini punya tradisi khusus dalam rangka menyambut Imlek. Nah, di momen ini tentu menjadi kesempatan yang pas untuk berkumpul dengan keluarga sambil makan-makan.

Salah satu kawasan yang biasanya punya kegiatan rutin menyambut Imlek adalah Pecenongan. Kawasan ini sejak dulu memang dikenal sebagai pusat masakan Chinese. Karenanya, jenis menu apapun yang dicari bisa jadi tersedia di tempat ini. Selain komplet menunya, nuansa Pecenongan harus diakui sangat menyenangkan. Apalagi, didukung letaknya yang sangat strategis. Makanya, pada hari-hari biasa, kawasan ini jadi begitu ramai. Tak hanya siang, malam hari pun Pecenongan selalu ramai. Terlebih, di saat Imlek ini, pengunjung bisa dibilang nyaris tak pernah sepi. Bukan cuma warga Jakarta, pengunjung dari kota-kota lain pun sangat banyak jumlahnya.

Mall-mall di Jakarta pun seperti tak mau ketinggalan. Mereka juga kerap menyelenggarakan perayaan Imlek secara khusus. Selain menyediakan pelbagai jenis kuliner Chinese food khususnya, mall-mall tersebut mengadakan pertunjukan khas Chinese, seperti barongsai dan lain-lain. Sebab itu, buat Anda yang menginginkan suasana ini bisa mengunjungi mall-mall tersebut.  Banyak mall di ibukota yang biasanya menyelenggarakan perayaan Imlek tersebut, antara lain:  Central Park, Taman Anggrek Mall, Grand Mall Indonesia, Pondok Indah Mall, dan Senayan City Mall. (Guss)

 

Article Link : http://samudranesia.id/di-mana-merayakan-imlek-yang-lebih-berkesan-di-jakarta/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published