Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

China dan Vietnam Lirik Pabrik KJA Aquatec di Padalarang

Padalarang (Samudranesia) – Di tengah melesunya permintaan produk keramba jaring apung (KJA) Aquatec di sektor perikanan budidaya tanah air, justru permintaan dari luar bergairah. Dalam sepekan pertengahan bulan November, pabrik KJA Aquatec di Padalarang dikunjungi delegasi dari China dan Vietnam.

“Dengan adanya pabrik Aquatec di Indonesia kami memang lebih bangga melihat perikanan budidaya kita mampu bersaing dikancah global. Ketimbang melakukan ekspor produk. Karena misi kami tidak hanya murni bisnis sempat. Produk kami juga ingin turut membangun bangsa,” ujar Dirut PT. Gani Arta Dwitunggal-Aquatec, Budiprawiro Sunadim ketika dikunjungi oleh para delegasi dari Biro Statistic Jiangsu China, (12/11/19) lalu.

Dia menceritakan delegasi dari China 5 orang yang dipimpin oleh Deputy Director of Jiangsu Provincial Bureau of Statistics, Mr. Zhou Guoqiang. Selain dijamu oleh Budi Prawiro selaku pemilik perusahaan, delegasi juga disebut  Dhonny Yudho Kusuma, Direktorat Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Kementerian Perdagangan.

“Pesan yang disampaikan Mr. Zhou Guoqiang adalah, di Jiangsu, perikanan merupakan sektor penting yang menunjang perekonomian Provinsi tersebut. Biro Statistic akan mengumpulkan semua data yang didapat dari perusahaan-perusahaan yang sudah mereka kunjungi selama di Indonesia untuk kemudian menjadi bahan pembahasan ketika mereka kembali ke Jiangsu,” jelasnya. 

Perusahaan-perusahaan yang akan mereka pertimbangkan untuk menjalin kerjasama adalah perusahaan-perusahaan yang memperhatikan soal lingkungan, green environment, dan food safety, dan Aquatec memiliki semua itu. Mr. Zhou Guoqiang rencananya akan mengundang Aquatec untuk berkunjung ke Jiangsu untuk kerjasama lebih lanjut.

Pada kesempatan lain, Aquatec kembali dikunjungi oleh Vietnam Seaculture Association (VSA), Jumat (15/11/2019) lalu.  Mereka merupakan para pengusaha perikanan dan pariwisata di Vietnam yang menjadi anggota VSA. Salah satu diantara dari delapan delegasi Vietnam adalah Mr. Nguyen Ba Thong selaku Deputy Director of Center of Seaculture Science and Technology (CSST) yang sudah berkunjung kedua kalinya ke Aquatec.

“Mereka sangat antusias untuk bisa melihat produksi Aquatec. Para pengusaha yang terdiri dari pembudidaya rumput laut Mr. Le Ben, Vice Director Tritin Seagrapes, tertarik dengan sarana budidaya rumput laut yang dibuat Aquatec dan sangat antusias ketika diajak melihat langsung ke bagian produksi untuk melihat mesin pembuat sarana budidaya rumput laut dan komponennya,” terang Budiprawira.

Mereka berencana mengunjungi pembudidaya rumput laut yang sudah memakai produk keramba jaring apung rumput laut Aquatec yang berada di Maluku.

Selain Mr. Le Ben, Mr. Nguyen Duy Hai, Managing Director of Marine Culture Technology, pembudidaya ikan pompano, menyatakan sangat tertarik dengan keramba jaring apung yang dibuat oleh Aquatec. 

Sejauh ini PT. Gani Arta Dwitunggal yang telah memasang 15.750 unit keramba di negara-negara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, China, Maldives, dan Ghana merupakan perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang fokus pada bidang perikanan budidaya.

Selain kedua pengusaha di atas, para pengusaha lain yang terdiri dari pengusaha lobster dan pariwisata berharap bisa bekerjasama dengan Aquatec untuk membangun budidaya lobster dan pariwisata di Vietnam.

Aquatec telah berhasil mengembangkan sarana budidaya lobster mulai dari fase peurulus hingga dewasa di Sumatera dan juga telah sukses mengembangkan konsep pariwisata watersport di Nusa Penida, Bali. (Ney)

 

Article Link : http://samudranesia.id/china-dan-vietnam-lirik-pabrik-kja-aquatec-di-padalarang/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published