Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Cegah Covid-19 di Kapal, Prosedur Darurat Diterapkan

Yogyakarta (Samudranesia)- Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di armada kapal, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menetapkan prosedur tambahan di tambahan untuk memastikan keselamatan awal kapal. Hal ini disampaikan oleh Capt. Hermanta, Direktur Perkapalan dan Kepelautan.

Menurutnya, dengan masih terjadinya Wabah Pandemi Covid 19 di seluruh negara termasuk Indonesia, sangat mempengaruhi kegiatan operasional kapal sehingga ada beberapa ketentuan operasional kapal yang harus disesuaikan tanpa mengurangi persyaratan keselamatan kapal bahkan perlu adanya prosedur-prosedur tambahan di kapal untuk memastikan keselamatan di kapal termasuk untuk keselamatan awak kapal. 

“Ketentuan tersebut juga sejalan dengan aturan yang dikeluarkan oleh Organisasi Maritim Internasional (IMO) melalui Circular Letter Nomor No.4204/Add.3 tanggal 2 Maret 2020 mengenai Operational considerations for managing COVID-19 cases/outbreak on board ships,” kata Capt. Hemanta.

Terkait dengan hal ini, lanjut Capt. Hermanta maka Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE 14 Tahun 2020 tentang Pengembangan Prosedur Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Kapal Guna Penanganan Persebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Berdasarkan aturan tersebut maka semua perusahaan atau pemilik kapal wajib menambahkan prosedur keadaan darurat pada Sistem Manajemen Keselamatan untuk cegah Covid-19 di kapal,” ujar Capt. Hermanta. 

Untuk itu, Capt. Hermanta meminta kepada para Auditor Manajemen Keselamatan Kapal, agar dalam melaksanakan tugasnya untuk senantiasa berpedoman pada ketentuan yang berlaku di bidang manajemen keselamatan kapal. 

“SDM di bidang manajemen keselamatan kapal harus memiliki kompetensi yang memadai dan senantiasa beradaptasi dengan perkembangan yang ada. Maka, pengukuhan ini merupakan salah satu cara untuk mengukur kompetensi para Auditor Manajemen Keselamatan Kapal sekaligus menjawab tantangan yang ada,” kata Capt Hermanta.

 

 

Article Link: http://samudranesia.id/tingkatkan-keamanan-pelayaran-kemenhub-kukuhkan-21-ism-di-yogyakarta/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published