Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Bisnis Alat Kesehatan dari Luar Negeri Terkait Penanganan Covid-19 di Bawah Komando BNPB

Kepala BNPB Doni Monardo turut mengendalikan bisnis alat kesehatan untuk tangan Covid-19 yang masuk ke Indonesia.

Jakarta (Samudranesia) – Merespona banyaknya perusahaan asing di bidang minerba, energi dan lainnya yang ingin memberikan bantuan alat tes virus Covid-19 dan alat kesehatan (alkes) penanganannya, pada sore hari ini (19/3/2020) pukul 15.15 WIB, diadakan rapat Video Conference koordinasi lintas Kementerian antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dengan Kepala BNPB, Menteri Luar Negeri, Menteri Kesehatan, Bea Cukai, dan Direktur Angkasa Pura II.

Juru Bicara (Jubir) Menko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyampaikan, Menko Luhut sesuai dengan arahan Presiden ingin cepat memenuhi kebutuhan alat-alat kesehatan yang mendesak untuk penanganan Covid-19.

“Birokrasi yang ketat terkait penerimaan barang dari luar negeri dalam konteks ini perlu dipermudah, walaupun harus tetap memastikan pengawasan,” ucap Jodi dalam keterangannya yang diterima Samudranesia, Kamis (19/3).

Rapat menyatakan sepakat bahwa semua langkah yang diambil harus satu komando di bawah pimpinan Kepala Badan Nasional Penagnggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19.

Kewenangan kementerian akan ditarik ke Satgas yang berada di bawah BNPB dan business process seluruh Kementerian/Lembaga, termasuk Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan lainnya juga ditarik ke bawah komando BNPB.

Terkait business process, termasuk ketentuan hukumnya untuk menerima seluruh bantuan dari luar negeri (baik dari pemerintah, non-pemerintah, swasta) akan dipermudah untuk memenuhi kebutuhan penanganan penyebaran Covid-19.

Jodi menyampaikan bahwa Menko Luhut berharap agar dalam situasi seperti ini, seluruh pihak bisa menjaga kekompakan dan terus berkoordinasi satu sama lain untuk mencari jalan yang terbaik dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat guna mengatasi penyebaran Covid-19 dan memenuhi kebutuhan masyarakat luas. (Tyo)

 

Article Link : http://samudranesia.id/bisnis-alat-kesehatan-dari-luar-negeri-terkait-penanganan-covid-19-di-bawah-komando-bnpb/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published