Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Bertemu Menteri Edhy, Mahasiswa yang Ingin Demo Kebijakan Lobster Akhirnya Minta Belajar Budidaya

Menteri Edhy Prabowo menerima Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SMMI), Kamis (16/7).

Jakarta (Samudranesia) – Aliansi mahasiswa yang tergabung dalam Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SMMI) awalnya berniat untuk melakukan demonstrasi di depan Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pekan lalu terkait kebijakan ekspor benih lobster.

Namun setelah di mediasi oleh Penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan bagian Kebijakan Publik, Lukman Malanuang, aksi tersebut dibatalkan. Aliansi mahasiswa tersebut mengajukan tuntutan ingin bertemu dengan Menteri Edhy Prabowo.

Hari ini, Kamis (16/7) tuntutan itu terealisasi. Ketua Umum PB SMMI Bintang Wahyu Saputra, hari ini diterima oleh Menteri Edhy Prabowo di ruang kerjanya. Kepada mahasiswa tersebut, Edhy menjelaskan panjang lebar mengenai alasannya mengeluarkan Permen KP 12/2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting dan Rajungan.

Edhy menegaskan bahwa penekanan dari Permen ini adalah sektor budidaya. Kemudian ia membatah adanya mafia di balik keluarnya Permen tersebut.

“Itu tidak benar, kami KKP terbuka untuk semua yang ingin ekspor benih dan budidaya. Jadi tidak benar juga kalau ada nepotisme Partai Gerindra,” jelasnya.

Sementara itu dari pihak SMMI akhirnya bisa menerima penjelasan tersebut. Mereka pun meminta agar para mahasiswa juga bisa diberikan pembelajaran untuk melakukan budidaya ikan.  

Edhy yang didampingi oleh Staf Khusus Menteri TB Ardi Januar dan Penasihat Menteri KP Lukman Malanuang itu menyambut baik permintaan tersebut. Mereka bangga jika ada mahassiswa yang memiliki kepedulian untuk mengembangkan budidaya perikanan.

Di sisi lain, Edhy juga meminta para mahasiswa untuk tetap kritis sebagai kontrol sosial dalam setiap kebijakannya. Karena mahasiswa merupakan agent of change yang memiliki peran penting dalam pembangunan negara khususnya di sektor kelautan dan perikanan. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/bertemu-menteri-edhy-mahasiswa-yang-ingin-demo-kebijakan-lobster-akhirnya-minta-belajar-budidaya/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published