Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

Bahas Akreditasi Jurnal Maritim Indonesia, Kapusjianmar Seskoal Hadirkan Prof. Rajab Ritonga

Prof Dr Rajab Ritonga saat berjabat tangan dengan Wadanseskoal Laksma TNI Tatit Eko W.

Jakarta (Samudranesia) – Kapusjianmar Seskoal, Kolonel Laut (P) Suharto, S. H., M.Si. (Han) bertempat di Gedung Soedomo Pusjianmar Seskoal, menerima kedatangan Prof. Dr. Rajab Ritonga, M.Si., Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), yang akan memberikan bimbingan teknis akreditasi Jurnal Maritim Indonesia yang dikelola oleh Pusat Pengkajian Maritim dan Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Keangkatanlautan Dharma Wiratama yang dikelola oleh Direktorat Pengkajian Pengembangan Pendidikan, pada hari Senin (17/3).

Ucapan selamat datang dan terima kasih disampaikan Kapusjianmar kepada Prof Rajab yang telah hadir dan bersedia memberikan bimbingan teknis pengelolaan jurnal agar mendapatkan predikat jurnal nasional terakreditasi.

Jurnal Maritim Indonesia yang dikelola Pusjianmar dapat diakses secara online melalui http://jurnalmaritim.tnial.mil.id sehingga sudah memenuhi persyaratan untuk akreditasi. Akan tetapi masih ada beberapa hal yang perlu di tingkatkan pada Jurnal Maritim Indonesia sehingga diharapkan dapat terindeks ke pengindeks bereputasi nasional di Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Rajab Ritonga menyampaikan bahwa akreditasi jurnal merupakan salah satu tuntutan bagi setiap jurnal ilmiah agar keberadaannya diakui secara lebih kompetetif dalam bidang kelimuan. Jurnal yang telah terakreditasi, baik oleh Kemenristek dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merupakan representasi dari karya yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah karena telah melalui sebuah proses dan evaluasi serta pengujian panjang sehingga layak untuk dipublikasikan.

“Jurnal yang dapat diakreditasi hanyalah jurnal yang pengelolaannya dalam bentuk elektronik. Selain itu, untuk mendapatkan indeksasi ke pengindeks bereputasi nasional, terbitan berkala ilmiah harus memiliki kriteria tersendiri berkaitan dengan jurnal nasional yang diakui oleh lembaga pengindeks internasional salah satunya adalah terbitan berkala ilmiah harus dapat diakses secara online,” papar Prof. Dr. Rajab Ritonga. (Tyo)

 

Article Link : http://samudranesia.id/bahas-akreditasi-jurnal-maritim-indonesia-kapusjianmar-seskoal-hadirkan-prof-rajab-ritonga/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published