Komunitas Maritim Indonesia
Komunitas Maritim Indonesia

24 ABK WNI Korban TPPO yang Terlantar di Korsel Tiba di Bandara Soetta

Foto: 24 ABK WNI tiba di Soetta/Dok PPI

Jakarta (Samudranesia) – Berkat perjuangan panjang yang dilakukan oleh Pergerakan Pelaut Indonesia (PPI) dalam memulangkan 24 anak buah kawal warga negara Indonesia (ABK WNI) yang terlantar di Korea Selatan akhirnya menuai hasil. Kini 24 ABK WNI itu itu tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Rabu (10/6).

Ketua DPD PPI Sulawesi Utara Anwar Abdul Dalewa menyatakan selama ini pihaknya terus mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk proaktif memulangkan 24 ABK WNI tersebut.

“Kami terus menunggu respons dari Kemlu. Alhamdulillah saat ini 24 ABK WNI baru sampai di Soetta. 23 ABK yang bermasalah, 1 orang sakit dan dipulangin juga,” ucap Anwar.

Ia menyebut 24 ABK WNI itu diduga kuat menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan perbudakan di atas kapal. Maka dari itu pihaknya juga meminta pemerintah untuk mengungkap kasus ini serta menangkap pihak-pihak yang bersalah.

“Jadi jelas bahwa Pekerja Migran Indonesia harus dilindungi dari perdagangan manusia, termasuk perbudakan dan kerja paksa, korban kekerasan, kesewenang- wenangan, kejahatan atas harkat dan martabat manusia, serta perlakuan lain yang melanggar hak asasi manusia,” tegas Anwar.

Terkait kepulangan 24 ABK WNI itu, Anwar mengucapkan terima kasih kepada pihak Kemlu dan KBRI Seoul yang sudah turut membantu dalam proses evakuasi tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada KBRI Seoul dan pihak-pihak yang terlibat dalam proses evakuasi ini. Perjuangan kita dalam memberantas perbudakan dan human trafficking juga tidak berhenti sampai di sini,” tandasnya.  

Menurutnya, upaya pelindungan Pekerja Migran Indonesia baik pelindungan dalam sistem penempatan sebelum bekerja, selama bekerja, dan sesudah bekerja, atase ketenagakerjaan, layanan terpadu satu atap, sistem pembiayaan yang berpihak pada Calon Pekerja Migran Indonesia dan Pekerja Migran Indonesia. Semua harus berjalan secara terpadu.

“Kami dari PPI akan berjuang semaksimal mungkin untuk keadilan buat pelaut Indonesia,” tandasnya. (Tyo)

 

Article Link: http://samudranesia.id/24-abk-wni-korban-tppo-yang-terlantar-di-korsel-tiba-di-bandara-soetta/


Older Post Newer Post


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published